Pengembangan Modul Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Pernapasan untuk Memberdayakan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA

NUR KHASANAH, ANNISA (2016) Pengembangan Modul Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Pernapasan untuk Memberdayakan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1554Kb)

    Abstract

    Annisa Nur Khasanah. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Pernapasan untuk Memberdayakan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA. TESIS. Pembimbing 1: Prof. Dr. rer.nat Sajidan, M.Si, Pembimbing 2: Dr. Sri Widoretno, M.Si, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian dan pengembangan adalah: 1) menyusun produk modul berbasis kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan untuk memberdayakan hasil belajar siswa, 2) menguji kelayakan modul berbasis kemampuan berpikir kritis berdasarkan validasi ahli, praktisi pendidikan serta uji kelompok kecil pengguna, 3) menguji keefektifan modul berbasis kemampuan berpikir kritis dengan bahan ajar di sekolah berdasarkan hasil belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi dalam sembilan tahap: 1) tahap penelitian dan pengumpulan informasi, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan produk awal, 4) tahap validasi desain, 5) tahap revisi produk utama, 6) tahap uji coba lapangan terbatas, 7) tahap revisi produk kedua, 8) tahap uji coba lapangan operasional, 9) tahap revisi produk akhir. Analisis data yang digunakan selama penelitian dan pengembangan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan: 1) modul berbasis kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan dikembangkan sesuai aspek kemampuan berpikir kritis dan aspek dimensi pengetahuan yang divisualisasikan pada tujuan, materi, kegiatan dan soal evaluasi untuk memberdayakan hasil belajar siswa; 2) Kelayakan modul berbasis kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan diperoleh berdasarkan validasi ahli menunjukkan kualifikasi baik sampai dengan sangat baik, berdasarkan praktisi pendidikan menunjukkan kualifikasi sangat baik dan uji kelompok kecil pengguna menunjukkan kualifikasi baik; 3) Keefektivan modul berbasis kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan ditunjukkan dengan hasil uji anacova yaitu sig 0,00 (<0,05) dengan hasil FHitung = 180,4 pada kelompok hasil belajar dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural yang divisualisasikan dalam bentuk soal pilihan ganda, serta FHitung = 40,2 pada kelompok hasil belajar dimensi pengetahuan metakognitif yang divisualisasikan dalam bentuk soal esai. Kata kunci:Kemampuan berpikir kritis, dimensi pengetahuan, sistem pernapasan, modul berbasis kemampuan berpikir kritis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QP Physiology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 14 Nov 2016 20:32
    Last Modified: 14 Nov 2016 20:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28717

    Actions (login required)

    View Item