PENERAPAN CONVERGENT DISCOVERY STYLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

CHOLIS, FANDY NUR (2016) PENERAPAN CONVERGENT DISCOVERY STYLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1025Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fandy Nur Cholis. K4612063. PENERAPAN CONVERGENT DISCOVERY STYLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli peserta didik kelas VII C SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan Convergent Discovery Style. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII C yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik putra dan 18 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket berupa kartu ceria, dokumentasi atau arsip berupa foto dan vidio. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus hasil belajar permainan bolavoli pada kriteria sangat baik 0%, baik 6%, cukup 25,00%, kurang 68,75%, dan kurang sekali 0% jumlah peserta didik yang tuntas adalah 10 peserta didik. Pada siklus I hasil belajar permainan bolavoli pada kategori sangat baik sebesar 0%, baik 9,75%, cukup 53,13%, kurang 37,50%, dan kurang sekali 0%, jumlah peserta didik yang lulus 20 peserta didik dengan persentase 62,50%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar permainan bolavoli pada kategori sangat baik sebesar 0%, baik 28,13%, cukup 53,13%, kurang 18,75%, kurang sekali 0%, jumlah peserta didik yang tuntas dan lulus adalah 26 peserta didik dari total jumlah peserta didik 32 dengan persentase 81,25% dan yang belum tuntas 6 peserta didik dengan perseas 18,75%. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar permainan bolavoli telah mencapai target yang ingin dicapai pada siklus II bahkan melebihi target meskipun belum semua peserta didik dapat tuntas dalam materi permainan bolavoli. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Convergent Discovery Style dapat meningkatkan hasil belajar permainan bolavoli peserta didik kelas VIIC SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Hasil belajar, permainan bolavoli, penerapan Convergent Discovery Style. ABSTRACT Fandy Nur Cholis. K4612063. THE IMPLEMENTATION OF CONVERGENT DISCOVERY STYLE TO IMPROVE THE STUDENT’S VOLLEYBALL GAMES LEARNING OUTCOMES IN CLASS VII C OF SMP NEGERI 14 SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR 2015/2016. Thesis, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University. March 2016. The aim of this research is to improve the students’ volleyball games learning outcomes in Class VII C SMP Negeri 14 Surakarta in the academic year 2015/2016 using the implementation of Convergent Discovery Style. The action research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of Planning, Action Research, Observation, and Reflection. The subject of the research is the students of class VII C consisting of 32 students, 14 male students and 18 female students. Data sources come from teacher and students. The data were collected by using observation, interview, questionnaire in the form of story card, documentation in the form of photo and video. Data validity can be proved by using triangulation data technique. The data were analyzed by using descriptive comparative technique and percentage technique. The research procedure was in the form of interlinked learning cycle. The result of the research showed that there is significance improvement in I cycle and II cycle compared to the pre-cycle. In pre-cycle the students learning outcomes result were excellent 0%, good 6%, fair 25,00%, inadequate 68,75%, inacceptable 0%. The students who pass the passing grade in the pre-cycle were 10 students. In I cycle the students volleyball learning outcomes percentages were excellent 0%, good 9,75%, fair 53,13%, inadequate 37,50%, and inacceptable 0%. The students who pass the passing grade in the first cycle were 20 students (62,50%). While in the II cycle the students volleyball learning outcomes percentage were excellent 0%, good 28,13%, fair 53,13%, inadequate 18,75%, inacceptable 0%. The students who pass the passing grade in the second cycle were 26 students out of 32 students (81,25%), and the students who not pass the passing grade were 6 students (18,75%). The significance improvement can be seen in the first and second cycle. According to the result of the study volleyball games learning outcomes was achieving the research target in the second cycle. Conclusion, based on the result of study the implementation of Convergent Discovery style can improve the students’ volleyball games learning outcomes in VIIC of SMP Negeri 14 Surakarta in the academic year 2015/2016. Keyword: Learning outcomes, Volleyball games, the implementation of Convergent Discovery Style.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 14 Nov 2016 20:06
    Last Modified: 14 Nov 2016 20:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28712

    Actions (login required)

    View Item