ANALISIS REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PENGUMUMAN KEBIJAKAN PENURUNAN BI RATE (Studi Empiris pada Saham yang Terdaftar dalam Sub Sektor Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016)

ADITYA, RIZKI (2016) ANALISIS REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PENGUMUMAN KEBIJAKAN PENURUNAN BI RATE (Studi Empiris pada Saham yang Terdaftar dalam Sub Sektor Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (890Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PENGUMUMAN KEBIJAKAN PENURUNAN BI RATE (STUDI EMPIRIS PADA SAHAM YANG TERDAFTAR DALAM SUB SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2016) Rizki Aditya F1214066 Kondisi inflasi di Indonesia berada pada level terkendali di akhir tahun 2015. Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia menghasilkan keputusan kebijakan moneter berupa penurunan BI rate sebesar 25 Bps yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui peningkatan kredit. Pengumuman tersebut resmi dirilis pada tanggal 14 Januari 2016. Penelitian ini akan meneliti pada harga saham subsektor property dan real estate yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) serta pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana reaksi pasar terhadap informasi pengumuman kebijakan penurunan BI Rate pada tanggal 14 Januari 2016. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian event study dengan rentang waktu pengamatan 5 hari sebelum dan 5 hari setelah pengumuman, periode estimasi selama 60 hari saat bursa kerja dengan mengregresikan data saham untuk mendapatkan nilai alpha dan beta. Rata-rata abnormal return masing-masing perusahaan kemudian diuji menggunakan pengujian paired sample t test untuk mengetahui perbedaan abnormal return yang terjadi sebelum dan setela pengumuman. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap informasi pengumuman kebijakan penurunan BI rate pada tanggal 14 Januari 2016. Keywords : event study , BI Rate, suku bunga acuan, abnormal return, sub sektor property dan real estate.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 14 Nov 2016 17:26
    Last Modified: 14 Nov 2016 17:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28690

    Actions (login required)

    View Item