Panduan Layanan Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Achievement Motivation Training pada Siswa SMK

PERMATASARI, GHANIA (2016) Panduan Layanan Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Achievement Motivation Training pada Siswa SMK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1026Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ghania Permatasari. K3112032. PANDUAN LAYANAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DI SEKOLAH MELALUI ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING PADA SISWA SMK. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe-1 panduan layanan peningkatan prestasi belajar di sekolah melalui Achievement Motivation Training berbasis kajian teoritik dan empirik yang siap diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya : bagi siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian (Research) dan pengembangan (Development) untuk menghasilkan suatu produk berupa buku panduan. Subjek penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu subjek untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen serta subjek untuk survei. Subjek untuk menguji validitas dan reliabilitas yaitu siswa SMP, SMA dan SMK dengan jumlah responden yaitu 954 responden. Lalu subjek untuk survei yaitu siswa, orang tua dan guru BK SMK Se- Karesidenan Surakarta dengan jumlah responden 3183 responden. Uji validitas dan reliabilitas menghasilkan KMO>0,05 dan Alpha Cronbach’s menghasilkan 0,967 sehingga, 156 item dikatakan valid dan tingkat relibilitasnya tergolong sangat tinggi dan untuk survei mengenai analisis tingkat kebutuhan dan tingkat kepentingan pengembangan diri siswa menghasilkan 62,83% siswa SMK Se-Karesidenan Surakarta sangat dibutuhkan dan sangat penting pada pengembangan peningkatan prestasi belajar di sekolah. Pengembangan pada peringkat keempat dari layanan pengembangan diri siswa pada bidang karir. Langkah-langkah Achievement Motivation Training terdapat pada jurnal Sabina tahun 2010 yang dikaji menjadi tujuan umum dari kurikulum Achievement Motivation Training dan untuk tujuan khusus dalam kurikulum Achievement Motivation Training mengkaji pada taksonomi Bloom mengenai ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan adalah siswa SMK Se- Karesidenan Surakarta sangat membutuhkan dan sangat penting mengenai pengembangan peningkatan prestasi belajar. Karena penelitian dan pengembangan ini hanya sampai pada prototipe-1 maka bagi mahasiswa Bimbingan dan Konseling untuk menindaklanjuti uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan panduan layanan peningkatan prestasi belajar di sekolah melalui Achievement Motivation Training. Kata Kunci : Prestasi belajar, Achievement Motivation Training, motivasi berprestasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 14 Nov 2016 17:12
    Last Modified: 14 Nov 2016 17:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28686

    Actions (login required)

    View Item