Studi Akurasi Untuk Mengestimasi Waktu Perjalanan Berbasis Kecepatan Sesaat Dengan Linear dan Time Slice Model (Lokasi Studi : Ring Road Utara Surakarta)

PURNAMA, RISMA INDAH (2016) Studi Akurasi Untuk Mengestimasi Waktu Perjalanan Berbasis Kecepatan Sesaat Dengan Linear dan Time Slice Model (Lokasi Studi : Ring Road Utara Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    Risma Indah Purnama, 2016, Studi Perbandingan Estimasi Kesalahan Linear dan Time Slice Model Untuk Mengestimasi Waktu Perjalanan Berbasis Kecepatan Sesaat (Lokasi Studi : Ring Road Utara Surakarta). Informasi mengenai waktu perjalanan menjadi pertimbangan para pengguna jalan untuk menentukan rute perjalanan yang paling efektif. Selain menciptakan rute perjalanan yang efektif, dapat juga mengoptimalkan alokasi waktu dan biaya perjalanan. Mempertimbangkan pentingnya informasi waktu perjalanan, maka dibutuhkan estimasi waktu perjalanan dengan tingkat kesalahan yang rendah, sehingga dapat digunakan untuk memberikan tingkat informasi waktu perjalanan kepada pengguna jalan. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu arus kendaraan yang berada di jalan Ring Road Utara Surakarta dan kecepatan sesaat setiap kendaraan. Kendaraan yang di teliti adalah kendaraan ringan, kendaraan berat, dan sepeda motor. Model estimasi waktu perjalanan yang digunakan adalah Linear dan Time Slice Model. Hasil dari model estimasi waktu perjalanan dengan Linear dan Time Slice Model dianalisis tingkat kesalahan terhadap waktu perjalanan aktual, dengan menggunakan Root Mean Square Error (RMSE), Mean Absolute Error (MAE), dan Mean Absolute Relative Error (MARE). Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa estimasi waktu perjalanan yang menggunakan data kecepatan sesaat yang diperoleh dengan cara manual dan speed gun, Linear Model memiliki estimasi kesalahan yang lebih rendah dari Time Slice Model. Walaupun demikian, perbedaan estimasi kesalahan antara Linear dan Time Slice Model hampir sama. Kata kunci : Linear Model, Time Slice Model, Mixed Traffic, Travel Time Estimation

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
    Divisions: Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 14 Nov 2016 17:12
    Last Modified: 14 Nov 2016 17:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28685

    Actions (login required)

    View Item