PARAMETER FISIK DAN KIMIA POTONGAN BUAH NENAS (Ananas comosus (L) Merr.) YANG DIOLAH DENGAN DEHIDRASI OSMOSIS DILANJUTKAN PENGERINGAN DALAM ATMOSFIR TERKENDALI

H, RIRIS CHRISTIARINI (2016) PARAMETER FISIK DAN KIMIA POTONGAN BUAH NENAS (Ananas comosus (L) Merr.) YANG DIOLAH DENGAN DEHIDRASI OSMOSIS DILANJUTKAN PENGERINGAN DALAM ATMOSFIR TERKENDALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (240Kb)

    Abstract

    Buah nenas (Ananas comosus(L) Merr.) merupakan salah satu jenis buah tropis yang terdapat di Indonesia dan mempunyai penyebaran yang merata, memiliki nilai nilai produktivitas dan volume ekspor yang tinggi. Tetapi proses pengolahannya masih tidak sebanding dengan jumlah produktivitas buah nenas pada saat musim panen raya tiba.Buah nenas memiliki kadar air yang tinggi sehingga mudah rusak, sehingga dibutuhkan proses pengolahan yang tepat untuk menghasilkan produk olahan nenas yang berkualitas, yaitu produk olahan nenas yang digemari oleh konsumen, dan masih memiliki kualitas tidak jauh berbeda dari buah segar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi penambahan udara terkendali O2:CO2:N2(5:10:85, 12:10:78, 15:10:75) dan suhu pengeringan (50oC, 60oC, 70oC) terhadap parameter sifat fisik (tingkat kecerahan, tingkat kekerasan, pengurangan luas permukaan) dansifat kimia (kadar air, total padatan terlarut, vitamin C, dan total asam) nenas hasil pengeringan udara terkendali. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RAL-F) yang terdiri dari dua faktor yaitu variasi penambahan udara terkendali dan suhu pengeringan. Kemudian data diolah menggunakan SPSS 17 metode two way anova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan udara terkendali tidak mempengaruhi kadar air dan total padatan terlarut nenas hasil pengeringan udara terkendali yang dihasilkan, tetapi mempengaruhi parameter lainnya seperti vitamin C, total asam, kecerahan, kekerasan dan pengurangan luas permukaan. Sementara variasi suhu pengeringan berpengaruh nyata terhadap semua parameter uji dari nenas hasil pengeringan udara terkendali. Adapun kisaran kadar air, total padatan terlarut, vitamin C, total asam, kecerahan, kekerasan, dan pengurangan luas permukaan yang dihasilkan secara berturut-turut yaitu sebesar 21-26%, 22,5-24%, 60-90 mg/100 gr, 0,6-1,1%, 2,740-3,880, 320-460 g, 45,5-56%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SB Plant culture
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 14 Nov 2016 17:01
    Last Modified: 14 Nov 2016 17:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28681

    Actions (login required)

    View Item