PENGARUH JUMLAH SUDU SWIRLING VANE DAN PENGGUNAAN JENIS MUFFLER TERHADAP DAYA MOTOR SUZUKI SHOGUN R FD 110 TAHUN 2003

SANUDIN, EDI (2007) PENGARUH JUMLAH SUDU SWIRLING VANE DAN PENGGUNAAN JENIS MUFFLER TERHADAP DAYA MOTOR SUZUKI SHOGUN R FD 110 TAHUN 2003. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (624Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Edi Sanudin, PENGARUH JUMLAH SUDU SWIRLING VANE DAN PENGGUNAAN JENIS MUFFLER TERHADAP DAYA MOTOR SUZUKI SHOGUN R FD 110 TAHUN 2003. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2007. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui pengaruh jumlah sudu Swirling Vane terhadap daya motor Suzuki Shogun R FD 110 tahun 2003. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan jenis Muffler terhadap daya motor Suzuki Shogun R FD 110 tahun 2003. (3) Mengetahui pengaruh interaksi jumlah sudu Swirling Vane dan penggunaan jenis Muffler terhadap daya motor Suzuki Shogun R FD 110 tahun 2003. Penelitian ini dilaksanakan di bengkel Silver Motor Sport Jl. Raya Ngagel 77 H-J, Surabaya Telp. 031-5041999, Fax. 031-5042999. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Suzuki Shogun R FD 110 tahun 2003. Sampel diambil dengan teknik "Purposive Sampling", sampel dalam penelitian ini adalah satu buah Suzuki Shogun R FD 110 tahun 2003 AD 5412 CU dengan nomor mesin E 401 - ID 192691. Data didapat dari pengukuran daya motor pada roda belakang saat 8.000 rpm dengan jumlah sudu Swirling Vane 4 buah, 6 buah, dan 8 buah dan penggunaan jenis Muffler Standard, Off Set Tube, dan Resonansi. Jumlah data sebanyak 45 data yang diperoleh dengan melakukan 5 kali replikasi pada setiap perlakuan. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalan, kemudian dilanjutkan uji komparasi ganda atau uji pasca anava dan menghitung rerata sel, sebelumnya menghitung rerata sel serta uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh signifikan jumlah sudu Swirling Vane terhadap daya motor Suzuki Shogun R FD 110 tahun 2003, yang ditunjukan hasil uji analisis data yang menyatakan bahwa FObservasi besar dari FTabel = 5,25 (FObservasi > FTabel = 667,79 lebih ) pada taraf signifikansi 1%. (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan jenis Muffler terhadap daya motor Suzuki Shogun R FD 110 tahun 2003, yang ditunjukan pada hasil uji analisis data yang menyatakan bahwa FObservasi = 344,23 lebih besar dari FTabel = 5,25 (FObservasi > FTabel ) pada taraf signifikansi 1%. (3) Ada pengaruh interaksi signifikan jumlah sudu Swirling Vane dan penggunaan jenis Muffler terhadap daya motor Suzuki Shogun 110 tahun 2003 yang ditunjukan pada hasil uji analisis data yang menyatakan bahwa FObservasi lebih besar dari FTabel = 3,89 (FObservasi > FTabel = 5,69 ) pada taraf signifikansi 1%. (4) Daya motor optimal Suzuki Shogun 110 tahun 2003 saat 8.000 rpm pada roda belakang sebesar 3,96 HP pada jumlah sudu Swirling Vane 6 buah dan penggunaan jenis Muffler Resonansi, sedangkan daya motor terendah sebesar 3,08 HP pada jumlah sudu Swirling Vane 4 buah dan penggunaan Muffler Standard.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Saputro Bagus
    Date Deposited: 13 Jul 2013 00:00
    Last Modified: 13 Jul 2013 00:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2868

    Actions (login required)

    View Item