PERAN TIM KREATIF DALAM PROGRAM VARIETY SHOW "ISLAM ITU INDAH" DI PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV)

CAHYANI, RIMA DWI (2016) PERAN TIM KREATIF DALAM PROGRAM VARIETY SHOW "ISLAM ITU INDAH" DI PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (155Kb)

    Abstract

    RINGKASAN RIMA DWI CAHYANI, D1413057, DIII PENYIARAN, PERAN TIM KREATIF DALAM PROGRAM VARIETY SHOW “ISLAM ITU INDAH” DI PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV), 2016 Televisi adalah salah satu media masa yang tidak hanya menampilkan gambar, namun juga mampu menampilkan suara, atau bisa disebut sebagai media audio visual yang mampu menampilkan daya tarik tersendiri. Banyaknya kebutuhan dan keinginan masyarakat akan tayangan televisi, membuat stasiun televisi harus terus menyajikan program yang menarik, variatif, inovatif, komunikatif dan informatif. Pertanyaanya, bagaimana stasiun televisi dapat meraih kesuksesan dalam menciptakan program-program siarannya, sangat dipengaruhi oleh salah satu bagian dari departemen produksi yang disebut tim kreatif. Laporan Tugas Akhir ini memaparkan tentang pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) yang telah dilaksanakan oleh penulis selama kurang lebih dua bulan di stasiun televisi swasta yaitu PT. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV) dalam program Variety Show “Islam Itu Indah” sebagai Tim Kreatif. Tim Kreatif merupakan tim yang memikirkan ide/ tema, kemasan suatu program hingga bertanggung jawab akan rating and share program tersebut. Penulis sebagai Tim Kreatif telah melaksanakan beberapa pekerjaan yang dilaksanakan dari pra produksi, produksi hingga paska produksi. Seperti menyiapkan cue card, memperbanyak dan membagikan rundown ke semua tim, mencari dan mengecek schedule artis untuk dijadikan bintang tamu, mencari materi foto ataupun video untuk kebutuhan VT di pra produksi. Mengikuti syuting live dan taping, mem-briefing bintang tamu, memberikan isyarat sisa durasi kepada pengisi acara di proses produksi dan membuat laporan-laporan seperti laporan pemenang kuis, list artis, by minute, membuat realisasi episode selama satu bulan dan mengingatkan ulang manager artis di paska produksi. Mengingat tim kreatif yang selalu berperan mulai dari pra produksi, produksi hingga paska produksi, tim ini memiliki tanggung jawab terhadap kesuksesan suatu program. Tim kreatif harus paham dengan konten yang sedang diminati khalayak, dan harus selalu punya ide baru untuk meningkatkan kembali minat penonton saat rating acara tersebut mengalami penurunan. (televisi, program televisi, variety show, tim kreatif)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 14 Nov 2016 16:49
    Last Modified: 14 Nov 2016 16:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28677

    Actions (login required)

    View Item