IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) OLEH PERUSAHAAN MULTINASIONAL DI PT. HOLCIM INDONESIA, Tbk PABRIK CILACAP

HUT, RIKE YUNITA BUDI (2016) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) OLEH PERUSAHAAN MULTINASIONAL DI PT. HOLCIM INDONESIA, Tbk PABRIK CILACAP. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (211Kb)

    Abstract

    Rike Yunita Budi Hutami. S351308048. Implementasi Corporate Social Responsibility(CSR) oleh Perusahaan Multinasional di PT. Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacap. 2015. Program Kenotariatan Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan penulisan ini adalah untuk menganalisis Implementasi Corporate Social Responsibility PT. Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacap serta menganalisis berbagai faktor pendorong dan faktor penghambat implementasi Corporate Social Responsibility PT.Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacap Penulisan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu pendekatan masalah dipandang menurut hukum dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku serta kenyataan yang terjadi dalam masyarakat. Adapun Lokasi penelitian dilakukan di PT. Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacap. Sumber data yang dipakai adalah : sumber primer, yaitu hasil wawancara dengan pihak PT. Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacap, sumber sekunder, yaitu data tertulis yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil pembahasan dapat dikemukakan kesimpulan bahwa PT. Holcim Indonesia,Tbk Pabrik Cilacap telah melaksanakan CSR sesuai dengan Undang-Undang, yaitu UU Nomor 25/2007tentang Penanaman Modal dan UU Nomor 40/2007tentang Perseroan Terbatas, walaupun masih ada kekurangan yaitu pelaksanaan CSR PT. Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacapmasih bisa ditingkatkan, sesuai dengan Permen Nomor 03/2014 tentang Proper, PT. Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacap telah memperoleh Proper Emas, tetapi dari berbagai penilaian aspek dan kriteria yang telah ditetapkan, PT. Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacap, memperoleh score self assessment 78 dari Maksimal 100 score Proper. Hal ini tentunya dapat ditingkatkan kembali dalam efektivitas pelaksanaannya, terutama untuk aspek dan kriteria dengan nilai yang masih di bawah standar. Sehingga pelaksanaan CSR dapat memperoleh hasil maksimal dan esensi dasar pelaksanaan CSR tercapai yaitu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan CSR PT. Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacap yaitu faktor pendorong yang berupa peraturan perundang-undangan, komitmen kuat dari internal perusahaan, manfaat yang dirasakan masyarakat dan penghargaan yang telah diperoleh perusahaan. Faktor penghambat adalah kesadaran masyarakat yang masih kurang mengenai pelaksanaan CSR, budaya tergantung dan budaya transaksional masyarakat kepada perusahaan. Kata kunci: Implementasi, Corporate Social Responsibility, Perusahaan Multinasional, PT. Holcim Indonesia, Tbk Pabrik Cilacap.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kenotariatan
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 14 Nov 2016 16:38
    Last Modified: 14 Nov 2016 16:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28672

    Actions (login required)

    View Item