LAPORAN KULIAH KERJA MEDIA KERJASAMA CORPORATE SALES UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA PELANGGAN DI PT. GARUDA INDONESIA CABANG SURABAYA

MAHARANI, AGNESIA (2009) LAPORAN KULIAH KERJA MEDIA KERJASAMA CORPORATE SALES UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN KEPADA PELANGGAN DI PT. GARUDA INDONESIA CABANG SURABAYA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (450Kb)

    Abstract

    Era globalisasi telah memacu berbagai bidang untuk berkembang, terutama dibidang teknologi komunikasi. Hal ini bisa menjadi konsekuensi manusia untuk senantiasa meningkatkan kualitas dirinya. Bagi para Mahasiswa, kesempatan ini bisa menjadi wadah untuk menerapkan ilmunya baik secara teori maupun praktek. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang industri komunikasi semakin dibutuhkan, maka mendorong manusia untuk dapat memproduksi, mengelola dan mendistribusikan berbagai informasi kepada masyarakat. Hal tersebut menjadikan institusi pendidikan untuk berusaha mempersiapkan tenaga kerja profesional. Program Diploma III Komunikasi Terapan FISIP UNS merupakan salah satu institusi akademis yang turut serta mempersiapkan tenaga informasi yang profesional khususnya di bidang Penyiaran (Broadcasting), Periklanan (Advertising), dan Humas (Public Relations). Untuk mempersiapkan kompetensi, mental yang kuat, sikap mandiri dan professional dalam menghadapi permasalahan di dunia kerja. Program Diploma III Komunikasi Terapan FISIP UNS memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk melaksanakan magang atau disebut dengan Kuliah 2 Kerja Media (KKM). Hal ini dilakukan oleh mahasiswa yang telah memasuki semester enam atau yang telah menempuh semua mata perkuliahan. Pertimbangan ini dilakukan dengan asumsi bahwa mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan diatas mampu menerapkan dan mengembangkan teoriteori yang didapat selama di bangku kuliah, selain itu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat belajar menyesuaikan diri dengan situasi lingkungan dunia kerja. Dalam pelaksanaan kegiatan KKM (magang), mahasiswa akan mendapat pengalaman langsung dalam praktek nyata dunia kerja, tidak hanya pengalaman kerja yang didapat tetapi kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dari instansi tempat pelaksanaan KKM juga bisa diperoleh. Lebih jauh magang bertujuan untuk bekerja sama dengan orang lain. Hal ini penting untuk karena dalam dunia kerja kita akan banyak berhubungan dengan orang lain baik sebagai kolega atau team work atau sebagai klien. Jadi membiasakan diri bekerja sama denga orang lain akan mempermudah mahasiswa untuk melakukan pekerjaan. Tempat pelaksanaan KKM (Kuliah Kerja Media) mempunyai peranan penting bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan teori-teori yang telah di dapat dalam perkuliahan, dimana kesesuaian kegiatan KKM (magang) dengan jurusan atau minat utama, sehingga dapat menerapkan ilmunya baik secara teori maupun praktek. PT. Garuda Indonesia merupakan salah satu perusahaan penerbangan nasional yang mempunyai peran besar dalam pembangunan dan 3 perkembangan transportasi udara. Kinerja dan prestasi PT. Garuda Indonesia selama tiga tahun terakhir menjadikan para pegawai untuk optimis membawa Garuda Indonesia terbang lebih tinggi. Komitmen Garuda Indonesia menjadikan maskapai penerbangan dengan pelayanan berkualitas, setara dengan penerbangan kelas dunia, menjadikan produktivitas kerja para pegawai yang tinggi untuk menciptakan kreativitas agar menarik perhatian pelanggan untuk tetap menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia. PT. Garuda Indonesia menyadari bahwa sebagai perusahaan jasa, selalu dituntut memberikan pelayanan terbaik, ditengah persaingan yang sangat ketat, tidak mungkin PT. Garuda Indonesia memberikan pelayanan standar karena pelanggan membutuhkan dan mencari pelayanan yang lebih memuaskan. Pelayanan yang dibutuhkan para pelanggan tidak hanya pada saat penerbangan saja, tetapi pelayanan pada saat PRE Flight Service ( pelayanan sebelum terbang), IN Flight Service (pelayanan saat terbang), POST Flight Service (pelayanan setelah terbang). Oleh karena itu, Laporan Tugas Akhir ini, dibuat agar lebih mengetahui Bagaimana kinerja Sales dan Marketing di PT. Garuda Indonesia Cabang Surabaya dalam meningkatkan pelayanannya pada pelanggan . Judul yang dibuat dalam Laporan Tugas Akhir ini adalah ”Kerjasama Corporate Sales untuk Meningkatkan Pelayanan kepada Pelanggan di PT. Garuda Indonesia cabang Surabaya”

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 23:59
    Last Modified: 12 Jul 2013 23:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2865

    Actions (login required)

    View Item