ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK (STUDI KASUS PADA BANK BRI UNIT LEDOKSARI CABANG SOLO RIYADI)

Savira, Shabrina Nur (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK (STUDI KASUS PADA BANK BRI UNIT LEDOKSARI CABANG SOLO RIYADI). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (300Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (300Kb)

      Abstract

      ABSTRAK ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK (Sudi Kasus Pada Bank BRI Unit Ledoksari Cabang Solo Riyadi) SHABRINA NUR SAVIRA F1213059 Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengujian empiris analisis faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas bank (ROA) studi kasus pada Bank BRI Unit Ledoksari Cabang Solo Slamet Riyadi dengan variabel independen komponen pendapatan, yakni pendapatan bunga kredit, pendapatan provisi kredit, pendapatan jasa, dan komponen biaya yang terdiri dari biaya hadiah dan penjaminan, biaya PPAP, NIM, BOPO, LDR dan NPL periode tahun 2011-2015 Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis secara simultan menggunakan uji statistik F sedangkan uji hipotesis secara parsial menggunakan uji statistik t. Dari hasil analisis menunjukkan bawhwa variabel pendapatan bunga kredit, pendapatan provisi kredit, pendapatan jasa, biaya hadiah dan penjaminan, biaya PPAP, NIM, BOPO, LDR dan NPL secara simultan signifikan berpengaruh terhadap profitabilitas bank (ROA) BRI Unit Ledoksari pada level of significance 5%. Sedangkan secara parsial variabel pendapatan bunga kredit tidak berpengaruh signifikan dan bernilai negatif, pendapatan provisi kredit dan pendapatan jasa berpengaruh tidak signifikan dan bernilai positif, Biaya hadiah dan penjaminan berpengaruh tidak signifikan dan bernilai negatif, biaya PPAP berpengaruh signifikan dan bernilai positif. Sedangkan untuk rasio NIM berpengaruh signifikan dan positif, rasio BOPO dan LDR berpengaruh signifikan dan bernilai negatif, dan rasio NPL bepengaruh tidak signifikan dan bernilai negatif. Terhadap profitabilitas bank (ROA) pada BRI Unit Ledoksari. Kemampuan prediksi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 91,9% sedangkan 8,1% dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian. Kata Kunci : Pendapatan provisi kredit, pendapatan bunga simpanan, pendapatan jasa, biaya hadiah dan penjaminan, biaya PPAP, BOPO, NIM, LDR, NPL, ROA, profitabilitas bank.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Fakultas Ekonomi
      Fakultas Ekonomi > Manajemen
      Depositing User: Nanda Rahma Ananta
      Date Deposited: 14 Nov 2016 15:36
      Last Modified: 14 Nov 2016 15:36
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28646

      Actions (login required)

      View Item