PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MENGGUNAKAN TEKNIK GOALSETTING UNTUK GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK)

MUSTIKAWATI, DEWI (2016) PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MENGGUNAKAN TEKNIK GOALSETTING UNTUK GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (671Kb)

    Abstract

    Dewi Mustikawati. K3112019. PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MENGGUNAKAN TEKNIK GOAL SETTING UNTUK GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan dan kepentingan siswa terhadap pengembangan keterampilan kesiapan kerja; (2) menghasilkan prototipe satu panduan layanan kesiapan kerja siswa SMK menggunakan teknik goal setting untuk guru BK. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Se-Karesidenan Surakarta kelas X, XI, dan XII. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan Borg and Gall.Tahap penelitian ini hanya sampai tahap pra pengembangan yaitu pembuatan produk.Pengumpulan data dilakukan dengan angket kebutuhan dan kepentingan siswa untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepentingan siswa.Analisis data yang digunakan adalah analisis faktorial dan persentase dan perangkingan.Analisis data faktorial digunakan untuk menguji kevalidan instrumen.Analisis persentase dan perangkingan digunakan untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepentingan siswa SMK menurut siswa, orang tua, dan guru BK. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini.Pertama, ada kebutuhan dan kepentingan siswa terhadap pengembangan kesiapan kerja menurut siswa, orang tua, dan guru BK berdasarkan hasil kajian teoritik dan empirik.Hasil kajian teoritik mengenai kesiapan kerja meliputi pengertian kesiapan kerja, faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja, dan indikator kesiapan kerja.Hasil kajian empirik memuat hasil survei yang menunjukkan 1800 responden (63,83%) sangat membutuhkan dan 1800 responden (63,84%) sangat merasa penting terhadap pengembangan keterampilan kesiapan kerja berdasarkan siswa, guru BK, dan orang tua.Kedua, berdasarkan hasil analisis studi pendahuluan dan kajian teoritik dapat dikembangkan produk berupa Buku Panduan Kesiapan Kerja Siswa SMK Menggunakan Teknik Goal setting untuk Guru BK.Buku panduan kesiapan kerja SMK memuat sistematika produk yaitu cover, kata pengantar, bagian I pendahuluan, bagian II pentingnya menetapkan tujuan kesiapan kerja, bagian III kurikulum, bagian IV satuan layanan dan materi keterampilan komunikasi dalam bekerja, dan bagian V penutup. Kata kunci :kesiapan kerja, teknik goal setting, siswa SMK

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 15 Nov 2016 23:53
    Last Modified: 15 Nov 2016 23:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28638

    Actions (login required)

    View Item