UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRS-SHARE DENGAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2015/2016

LAYALIYANA, AIFATUN (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRS-SHARE DENGAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (143Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aifatun Layaliyana. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THIMK-PAIR-SHARE DENGAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2015/2016. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun 2015/2016 melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan course review horay. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan prosedur penelitian untuk masig-masing siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interprestasi, dan analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi untuk mengamati peningkatan aktivitas belajar siswa, wawancara untuk mengetahui respon terhadap tindakan yang dilakukan, dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data pendukung. Teknik validitas data menggunakan menggunakan teknik trangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan course review horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pratindakan aktivitas belajar siswa belum optimal, hanya 45,63% siswa yang aktif. Penelitian ini menetapkan indikator kinerja sebesar 80%. Pada siklus I diperoleh presentase aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 69,38% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi sebesar 83,75%. Simpulan penelitian ini adalah melalui kombinasi model pembelajaran tipe kooperatif think-pair-share dengan course review horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Surakarta tahun 2015/2016. Kata Kunci: Model think-pair-share, course review horay, aktivitas belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 14 Nov 2016 14:47
    Last Modified: 14 Nov 2016 14:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28624

    Actions (login required)

    View Item