Sistem Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Asal Pada Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta

Handayani, Putri (2016) Sistem Pelayanan Penerbitan Surat Keterangan Asal Pada Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (953Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PUTRI HANDAYANI D1513081,SISTEM PELAYANAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN ASAL PADA INSTANSI PENERBIT SURAT KETERANGAN ASAL DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA SURAKARTA. Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Administrasi, ProgramDiploma III, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016, 78 Halaman. Surat Keterangan Asal merupakan dokumen penting bagi eksportir dalam melakukan kegiatan ekspor. Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal dalam kegiatan ekspor bertugas sebagai pemberi pelayanan penerbitan surat keterangan yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Republik Indonesia. Pelayanan penerbitan surat keterangan asal dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang di buat oleh pemerintah guna mendukung meningkatnya kegiatan ekspor yang akan berdampak pada pemasukan negara. Tujuan pengamatan yang dilakukan oleh penulis adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan penerbitan surat keterangan asal pada instansi penerbit surat keterangan asal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta. Jenis pengamatan yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Pengamatan ini mengambil lokasi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Surakarta. Sumber data diperoleh dari narasumber (informan), peristiwa atau aktifitas, dokumen dan arsip, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang penulis lakukan adalah pelayanan penerbitan surat keterangan asal pada instansi penerbit surat keterangan asal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta telah memenuhi prinsip-prinsip manajemen pelayanan dengan mengunakan sistem terbuka. Dapat diketahui bahwa prosedur pelayanan dimulai dari verifikasi softcopy dokumen melalui sistem e-SKA, Verifikasi hardcopy oleh petugas pelayanan, penandatangan dokumen yang telah di stempel instansi penerbit surat keterangan asal oleh pejabat penerbit surat keterangan, dan kemudian penerbitan surat keterangan asal ke sistem e-SKA milik Kementerian Perdagangan Indonesia. Kata kunci : SKA, Pelayanan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 14 Nov 2016 13:49
    Last Modified: 14 Nov 2016 13:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28605

    Actions (login required)

    View Item