FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN INTERNET PADA PENGRAJIN KALIGRAFI KULIT KAMBING DI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO

Noviana, Dina (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN INTERNET PADA PENGRAJIN KALIGRAFI KULIT KAMBING DI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (333Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan internet pada pengrajin kaligrafi kulit kambing. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 Desember 2015 sampai 10 Januari 2016 di Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Metode pengambilan data yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan eksplanatori. Data yang diperoleh meliputi data primer dari pengisian kuesioner oleh responden yaitu pengrajin kaligrafi kulit kambing dan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukoharjo. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas dan normalitas data, analisis regresi linier berganda yang dilanjutkan dengan uji determinasi (R2), uji F, uji t dan uji asumsi klasik. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan hasil yang valid dan reliabel. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal. Analisis regresi linier berganda diperoleh nilai positif pada variabel perceived usefulness, perceived ease of use, internet self efficacy, personal inovatif dan nilai negatif pada internet anxiety. Nilai koefisien determinasi menunjukkan persentasi sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 78,3% dan 21,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model ini. Uji F menunjukkan hasil yang signifikan dan hasil uji t menunjukkan nilai signifikan pada variabel personal inovatif. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, internet self efficacy, internet anxiety, personal inovatif memberikan pengaruh secara simultan dan berdasar uji t personal inovatif berpengaruh secara parsial terhadap keputusan penggunaan internet. Kata kunci : pengrajin, kaligrafi, keputusan penggunaan internet, pemasaran online.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian > Peternakan
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 12 Nov 2016 12:32
    Last Modified: 12 Nov 2016 12:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28564

    Actions (login required)

    View Item