Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Teks Pengalaman Pribadi Berbahasa Jawa Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar

I, ALIFAH ROHMAWATI (2016) Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Teks Pengalaman Pribadi Berbahasa Jawa Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (586Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Alifah Rohmawati Ismiyatun. K4212005. ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TEKS PENGALAMAN PRIBADI BERBAHASA JAWA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KEBAKKRAMAT KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) wujud kesalahan berbahasa dalam teks pengalaman pribadi berbahasa Jawa; (2) faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa dalam teks pengalaman pribadi berbahasa Jawa; dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi terjadinya kesalahan berbahasa dalam teks pengalaman pribadi berbahasa Jawa siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk penelitian studi kasus. Sumber data berasal dari dokumen dan informan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Teknik pengumpulan data berupateknik analisis isi (content analysis) dan wawancara. Validitas data menggunakan tekniktriangulasi dan review informant.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif (interactive model of analysis) yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi dengan data utama berupa teks pengalaman pribadi berbahasa Jawa siswa dan transkrip hasil wawancara dengan narasumber. Simpulan penelitian ini adalah: (1) wujud kesalahan berbahasa yang terdapat dalam teks pengalaman pribadi berbahasa Jawa siswa dibedakan menjadi empat aspek, antara lain: kesalahan pada tataran ejaan, kesalahan pada tataran diksi, kesalahan pada tataran kalimat (sintaksis), dan kesalahan penggunaan ragam bahasa. Kesalahan yang paling dominan dalam teks pengalaman pribadi berbahasa Jawa baik ragam ngoko maupun ragam krama adalah kesalahan berbahasa pada tataran ejaan sebesar 69,85% dalam teks pengalaman pribadi ragam ngoko dan 52,74% dalam teks pengalaman pribadi ragam krama; (2) kesalahan berbahasa dalam teks pengalaman pribadi berbahasa Jawasiswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: pengaruh dari bahasa ibu, pengaruh dari lingkungan, kurangnya kegiatan membaca, penggunaan kaidah bahasa Jawa siswa yang kurang, kurangnya waktu menulis karangan, dan kurangnya penguasaan kosakata; dan (3) upaya untuk mengatasi terjadinya kesalahan berbahasa dalam teks pengalaman pribadi berbahasa Jawasiswa, diantaranya: mengenalkan siswa pada karya sastra, memperbanyak latihan secara terus-menerus, meningkatkan penguasaan bahasa Jawa ragam krama, dan memberikan contoh terlebih dahulu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    P Language and Literature > PN Literature (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 12 Nov 2016 11:18
    Last Modified: 12 Nov 2016 11:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28544

    Actions (login required)

    View Item