Efisiensi Pelayanan Ubah Status Conatiner Impor FCL ke LCL DI PT. Pelindo III Terminal Petikemas Semarang

KURNIA, ANDRE WINDRA (2016) Efisiensi Pelayanan Ubah Status Conatiner Impor FCL ke LCL DI PT. Pelindo III Terminal Petikemas Semarang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (615Kb)

    Abstract

    Kegiatan impor di Jawa Tengah mengalami peningkatan setiap tahunnya. Khususnya container berstatus FCL ke LCL. Penanganan containerLCL di TPKS harus ditingkatkan, mengingat terus meningkatnya jumlah container yang masuk di TPKS. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui mekanisme ubah status container impor FCL ke LCL dan faktor apa saja yang mempengaruhi efiensi pelayanan ubah status di TPKS serta cara apa saja untuk meningkatkan efisiensi pelayanan ubah status di TPKS.Metode penelitian yang di gunakan adalah diskriptif, dengan menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan cara wawancara dengan pihak yang terkait, observasi di TPKS dan studi pustaka. Berdasarkan penelitian mekanisme ubah status container di TPKS dengan permohonan ubah status secara online, selanjutnya pengguna jasa yang mengajukan akan mendapat bukti booking ubah status kemudian bagian perencanaan akan memindahkan container ke CFS untuk di stripping, lalu barang diletakkan digudang, untuk mengeluarkan barang dari CFS pengguna harus menyerahkan DO asli, SPPB dan bukti pembayaran dari bank ke petugas administrasi setelah dikonfirmasi barang tersebut bisa keluar dari gudang. Faktor yang mempengaruhi efisiensi pelayanan ubah status adalah pada bagian peletakan barang di gudang CFS. Peletakan barang yang masih kurang tertata dan belum adanya pendataan lokasi barang menyebabkan lamanya pencarian barang ketika akan diambil oleh pemilik barang. Cara untuk meningkatkan efisiensi pelayanan ubah status di TPKS adalahdengan cara peletakan barang yang lebih tertata dan pendataan lokasi barang. Saran yang dapat diberikan penulis dalam efisiensi pelayanan ubah status container di TPKS adalah melakukan penyederhanaan mekanisme ubah status di TPKS, penataan barang yang lebih tertata dan pendataan lokasi pada saat peletakan barang, peningkatan SDM di TPKS serta sebaiknya pihak TPKS segera melakukan perbaikan untuk pelayanan yang lebih efisien Kata Kunci : Ubah Status Container, Pelayanan Barang Impor

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Nov 2016 18:19
    Last Modified: 09 Nov 2016 18:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28540

    Actions (login required)

    View Item