PENERAPAN ANALISIS SWOT TERHADAP KINERJA ACCOUNT OFFICER MIKRO DALAM MEMASARKAN PRODUK BJB MIKRO UTAMA PADA BANK JAWA BARAT DAN BANTEN KANTOR CABANG SURAKARTA

AZIZAH, ALVITA NUR (2016) PENERAPAN ANALISIS SWOT TERHADAP KINERJA ACCOUNT OFFICER MIKRO DALAM MEMASARKAN PRODUK BJB MIKRO UTAMA PADA BANK JAWA BARAT DAN BANTEN KANTOR CABANG SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (133Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui metode bauran pemasaran 6P produk kredit Bjb Mikro Utama. 2) Mengetahui hasil evaluasi dari kinerja pemasaran yang sudah dijalankan oleh Account Officer 3) Mengetahui kinerja Account Officer mikro berdasarkan analisis swot yang meliputi faktor-faktor eksternal dan internal, menentukan posisi dan strategi dalam memasarkan produk Bjb Mikro Utama. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang disusun dalam rangka memberikan gambaran secara sistematis tentang fakta yang diperoleh saat penelitian dilakukan dan menjelaskan data-data primer kemudian dijabarkan dengan deskripsi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Dalam melakukan marketing mix pada kredit Bjb Mikro Utama di Bank bjb Cabang Surakarta belum bisa optimal. Masih terdapat kekurangan yang perlu ditambahkan dalam hal kegiatan memasarkan produk Bjb Mikro Utama. 2) Perkembangan outstanding mengalami fluktuasi per triwulan dalam tiga tahun terakhir (2013-2015), Perkembangan NPL dalam tiga tahun terakhir mengalami perubahan yang baik di tahun 2015 dan Perkembangan NOA mengalami fluktuasi. 3) Dari hasil analisis SWOT terhadap kinerja account officer dalam memasarkan produk berdasarkan pendekatan kuantitatif, tabel IFAS didapat nilai total skor sebesar 2,41 dan pada tabel EFAS didapatkan nilai total skor sebesar 2,22. Sehingga posisi hasil kinerja Account officer mikro masih berada dalam posisi aman atau dalam kondisi yang positif yaitu posisi sumbu x dan y terletak pada Kuadran I, dimana terdapat indikasi peluang yang begitu besar bagi Account officer mikro sebagai tenaga pemasar (marketing). Strategi yang digunakan Bank bjb Cabang Surakarta saat ini adalah SO (Strength Opportunity) yaitu memaksimalkan kekuatan yang dimiliki Bank bjb dalam sisi internal dengan memanfaatkan peluang yang ada. Saran untuk Bank bjb Cabang Surakarta adalah: 1) Bank bjb Cabang Surakarta menciptakan inovasi baru dalam strategi marketing mix. 2) Bank bjb bisa membuka kantor cabang pembantu atau kantor unit di pedesaan daerah Solo. 3) ada penambahan tenaga kerja account officer mikro yang difokuskan sebagai marketing. 4) Lebih ditingkatkan kualitas SDM dibidang account officer mikro.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Nov 2016 18:12
    Last Modified: 09 Nov 2016 18:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28538

    Actions (login required)

    View Item