TUGAS DAN PERAN HUMAN RESOURCES DEPARTMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME MANAJEMEN HOTEL AZIZA SYARIAH SOLO

P, CYNDI RAHAYU (2016) TUGAS DAN PERAN HUMAN RESOURCES DEPARTMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME MANAJEMEN HOTEL AZIZA SYARIAH SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (327Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Cyndi Rahayu Prameswari. C9413014. 2016. Tugas Dan Peran Human Resources Department Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Manajemen Hotel Aziza Syariah Solo. Program DIII Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Human Resources Department merupakan departemen pengelola sumber daya manusia suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, tugas dan tanggung jawab seorang HRD di hotel dalam mengelola dan pengembangan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas kinerja karyawan dan pelayanan terhadap tamu. Serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi HRD dalam memanajemen SDM Hotel Aziza Syariah Solo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian wawancara, observasi, studi literatur. Untuk menganalisis dan mengolah data penulis menggunakan teknik deskriptif. HRD Hotel Aziza Syariah Solo berfungsi untuk memanajemen dan meningkatkan kualitas karyawan dengan mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia hotel, dengan rekrutmen dan seleksi karyawan baru, medical check, pelatihan karyawan, memenuhi hak karyawan, pendampingan, peraturan karyawan, reward dan punishment, dan evaluasi kinerja. Dan beberapa kendala yang dihadapi seperti seringnya keterlambatan karyawan dalam penerapan jam kerja, kurang disiplinnya karyawan terhadap pelatihan pengembangan sumber daya manusia yang diadakan, permasalahan yang kadang timbul antar karyawan satu departemen dan berbeda departemen, berkurangnya aktivitas kerja yang produktif karena mengikuti program pelatihan, biaya yang tinggi untuk menambah karyawan, turn over karyawan, adanya karyawan yang kurang jujur, perilaku karyawan yang kurang baik terhadap tamu. Kesimpulan dari laporan tugas akhir ini adalah, HRD bertugas sebagai pengelola dan pengembang sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh hotel. Memiliki peran untuk merencanaaan, mengarahkan, mengkoordinasi dan mengendalikan fungsi administrasi sumber daya manusia hotel. Penerapan manajemen yang sistematis dan terencana dengan baik, yang dirancang untuk memfasilitasi para karyawan tentunya akan menghasilkan peningkatan mutu kualitas kinerja serta pelayanan prima karyawan kepada tamu yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi hotel.. Kata kunci : human resources department

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 09 Nov 2016 16:26
    Last Modified: 09 Nov 2016 16:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28533

    Actions (login required)

    View Item