WORK FAMILY CONFLICT SEBAGAI MODERASI PADA PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE DAN DEPRIVASI RELATIF TERHADAP PERILAKU KERJA (STUDI PADA KARYAWAN FRONTLINER HOTEL BINTANG 4&5 DI SOLO RAYA)

PRASETYO, AJI TRI (2016) WORK FAMILY CONFLICT SEBAGAI MODERASI PADA PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE DAN DEPRIVASI RELATIF TERHADAP PERILAKU KERJA (STUDI PADA KARYAWAN FRONTLINER HOTEL BINTANG 4&5 DI SOLO RAYA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (886Kb)

    Abstract

    Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengujian hipotesis guna menguji: 1) Pengaruh negatif leader member exchange pada deprivasi relatif, 2) pengaruh negatif deprivasi relatif pada effort behavior, 3) pengaruh positif deprivasi relatif terhadap sabotase layanan, 4) moderasi work family conflict pada pengaruh negatif leader member exchange dan deprivasi relatif. Penelitian ini dilakukan pada karyawan frontliner hotel bintang 4 & 5 di wilayah solo raya, diambil dengan metode non probability sampling dan teknik convenience sampling. Penelitian ini mengambil jumlah responden sebanyak 134 orang. Teknik pengujian data menggunakan hierarchical regression analysis dengan bantuan program SPSS 18. Hasil dari penelitian ini didapatkan hasil antara lain 1) leader member exchange berpengaruh negatif dan signifikan pada deprivasi relatif 2) deprivasi relatif berpengaruh negatif dan signifikan pada effort behavior 3) deprivasi relatif berpengaruh positif dan signifikan pada sabotase layanan 4) work family conflict memoderasi pada pengaruh negatif leader member exchange terhadap deprivasi relatif. Keterbatasan dari penelitian ini adalah jumlah sampel dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu survey dengan menggunakan kuesioner. Teknik ini memiliki kelebihan yaitu relatif efektif mengumpulkan data secara cepat. Namun kelemahannya adalah adanya faktor yang dapat mempengaruhi pendapat responden dalam menjawab kuesioner karena keterbatasan waktu dan juga kurangnya pemahaman responden terhadap indikator kuesioner yang diajukan. Sehingga dalam penelitian selanjutnya diharapkan melengkapi keterbatasan pada penelitian ini.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Nov 2016 10:50
    Last Modified: 09 Nov 2016 10:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28519

    Actions (login required)

    View Item