Analisis Efisiensi Model Antrian Menggunakan Teori Antrian di Loket Pembayaran Pajak Kendaraan SAMSAT Surakarta pada Jam Operasional Layanan

HAMDANI, AHMAD YUSUF (2016) Analisis Efisiensi Model Antrian Menggunakan Teori Antrian di Loket Pembayaran Pajak Kendaraan SAMSAT Surakarta pada Jam Operasional Layanan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1444Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja sistem antrian menggunakan teori antrian. Tujuan akhir penelitian guna menentukan sistem antrian yang paling efisien. Penelitian ini mengambil studi kasus di antrian loket pembayaran pajak kendaraan SAMSAT Surakarta pada jam operasional layanannya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode survei. Adapun pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Observasi digunakan untuk memperoleh data antrian dan dianalisis menggunakan teknis analisis kinerja antrian. Kuesioner digunakan untuk memperoleh data kepuasan pelanggan dalam mengantri dan dianalisis menggunakan teknis analisis deskriptif Sedangkan wawancara untuk memperoleh data kebutuhan dan kendala SAMSAT Surakarta dalam menerapkan sistem antrian saat ini sebagai tambahan data dalam menentukan sistem antrian yang efisien dan memungkinkan untuk diaplikasikan. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah kinerja antrian yang meliputi tingkat kedatangan pelanggan, tingkat pelayanan pelanggan, faktor utilitas server, jumlah pelanggan rata-rata yang berada dalam baris antrian maupun keseluruhan sistem, serta waktu rata-rata yang dihabiskan oleh satu pelanggan untuk berada dalam baris antrian maupun keseluruhan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model antrian yang saat ini terdapat di loket pembayaran pajak kendaraan SAMSAT Surakarta pada jam operasional layanannya adalah model M/M/1. Hasil analisis kinerja antrian menunjukkan bahwa model paling efisien adalah model M/M/1 dibandingkan dengan model skenario lain yaitu model M/M/2 dan model M/M/1 dengan percepatan waktu pelayanan Sedangkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelanggan yang mengantri di loket pembayaran pajak kendaraan SAMSAT Surakarta pada jam operasional layanannya, sudah merasa puas, memiliki respon positif ketika menunggu, serta memiliki persepsi durasi antrian yang pendek, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model M/M/1 yang telah ada di antrian loket pembayaran pajak kendaraan pada jam operasional layanan ini dapat dipertahankan oleh SAMSAT Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Nov 2016 10:25
    Last Modified: 09 Nov 2016 10:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28516

    Actions (login required)

    View Item