PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP SPOSITIF SISWA KELAS VIII SMP

ISLAM, AHMAD DZIAAUL (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP SPOSITIF SISWA KELAS VIII SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (107Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ahmad Dziaaul Islam. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP POSITIF SISWA KELAS VIII SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian dilakukan di SMP N 4 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII SMP N 4 Surakarta tahun ajaran 2015/2016; (2) apakah penerapan model pembelajaran MMP dapat meningkatkan sikap positif siswa kelas VIII SMP N 4 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP N 4 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksanaan pembelajaran, sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika, dan data pemahaman siswa. Data keterlaksanaan pembelajaran dan sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Data pemahaman siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya rata-rata persentase sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika mencapai kategori tinggi dan ketuntasan mencapai 75% dari keseluruhan siswa. Nilai KKM adalah 75. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui penggunaan model pembelajaran MMP pada materi lingkaran dapat meningkatkan pemahaman. Hal ini berdasarkan hasil tes. Data hasil tes pada siklus I menunjukkan persentase siswa yang tuntas sebesar 71,875% dan pada siklus II persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 93,75%. Kedua, dengan penggunaan model pembelajaran MMP dapat meningkatkan sikap positif siswa dalam pembelajaran matematika Hasil observasi pada siklus I menunjukkan rata-rata persentase sikap positif siswa mencapai 67,30% dan pada siklus II 71,67%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran MMP dapat meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa kelas VIII C SMP N 4 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : pemahaman, sikap positif, matematika, Missouri mathematics project

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 09 Nov 2016 10:22
    Last Modified: 09 Nov 2016 10:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28515

    Actions (login required)

    View Item