Aplikasi Analisis SWOT Sebagai Penentuan Strategi Bersaing PT Pan Brothers Tbk Boyolali

PUTRI , KARTIKAWATI (2016) Aplikasi Analisis SWOT Sebagai Penentuan Strategi Bersaing PT Pan Brothers Tbk Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (116Kb)

    Abstract

    ABSTRAK APLIKASI ANALISIS SWOT SEBAGAI PENENTUAN STRATEGI BERSAING PT PAN BROTHERS TBK BOYOLALI Putri Kartikawati F3213046 Perkembangan zaman yang begitu pesat menyebabkan munculnya banyak pelaku usaha dalam suatu industri. Terlebih kebutuhan manusia akan pakaian yang terus meningkat menyebabkan industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) dipenuhi persaingan. Terutama di era globalisasi sekarang ini, persaingan tidak hanya muncul dari dalam negeri tetapi juga dalam negeri. Begitu pula dengan PT Pan Brothers Tbk Boyolali yang juga bergerak di bidang TPT. Perlu adanya strategi pemasaran yang tepat untuk bersaing mempertahankan pasar. Untuk itu perlu menganalisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan. Apabila sudah melakukan analisis tersebut maka pengambilan strategi akan menjadi lebih mudah dilakukan oleh perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah metode wawancara dan studi dokumen guna mendapatkan data primer dan data sekunder yang dibutuhkan. Teknik pembahasan dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. PT Pan Brothers Tbk Boyolali menghasilkan produk-produk berupa berbagai macam jenis pakaian seperti jacket, coat, ski jacket, down jacket, truck suit, travel pants, dan lain sebagainya yang terletak di Desa Butuh, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Berdasarkan hasil analisis SWOT, PT Pan Brothers Tbk Boyolali berada pada posisi strategi Strength-Opportunity (Strategi SO) dimana strategi ini menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk mendapatkan peluang eksternal perusahaan. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberikan beberapa saran antara lain mempertahankan kualitas produk yang diterapkan untuk meningkatkan volume produksi dengan memanfaatkan kapasitas produksi yang besar, meningkatkan kegiatan promosi untuk mendapatkan calon pembeli potensial yang baru, dan meningkatkan kesejahteraan karyawan guna memberi motivasi karyawan dalam bekerja. Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 08 Nov 2016 11:49
    Last Modified: 08 Nov 2016 11:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28502

    Actions (login required)

    View Item