EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016 (Sub Pokok Bahasan Kerusakan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan)

PRISTIKA, ANINDYA A (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016 (Sub Pokok Bahasan Kerusakan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (915Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Pristika Anindya Anggraini. K5412061. EFEKTIVITAS PENGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN GUIDE NOTE TAKING (GNT) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Agustus 2016. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perbedaan keefektivan metode kooperatif teknik Two Stay Two Stray, Guide Note Taking dan ceramah tanya jawab terhadap hasil belajar pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. 2) Untuk mengetahui keefektivan metode kooperatif teknik Two Stay Two Stray jika dibandingkan dengan ceramah tanya jawab terhadap hasil belajar pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. 3) Untuk mengetahui keefektifan metode l Guide Note Taking jika dibandingkan dengan ceramah tanya jawab terhadap hasil belajar pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. 4) Untuk mengetahui keefektifan metode kooperatif teknik Two Stay Two Stray jika dibandingkan dengan Guide Note Taking terhadap hasil belajar pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen semu (Quasi experimental research). Jenis desain penelitian yang digunakan adalah “Control Group Pretest-Posttest Design”. Populasi penelitian adalah semua kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Sampel penelitian merupakan sampel kelas. Kelas Eksperimen diterapkan metode pembelajaran TSTS dan GNT. Kelas kontrol diterapkan metode pembelajaran ceramah.. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial parametrik dengan pengujian hipotesis menggunakan Anava Satu Jalan (one way anava) dan uji lanjut Anava (Uji Scheffe’). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan yang signifikan antara menggunakan model TSTS, GNT, dan Ceramah Tanya Jawab dibuktikan dari uji anava satu jalan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Fhitung > Ftabel (24,0156 > 3,0759), 2) hasil belajar geografi menggunakan model TSTS lebih baik daripada model Ceramah Tanya Jawab, 3) hasil belajar geografi menggunakan model GNT lebih baik daripada model Ceramah Tanya Jawab, 4) hasil belajar geografi menggunakan model TSTS lebih baik daripada model GNT peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang paling berpengaruh adalah model TSTS, disusul model GNT dan Ceramah Tanya Jawab. Kata Kunci : Two Stay Two Stray(TSTS), Guide Note Taking( GNT), Hasil Belajar Geografi ABSTRACT Pristika Anindya Anggraini. K5412061. THE EFFECTIVITY OF COOPERATIVE LEARNING METHOD BY USING TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TECHNIQUE AND GUIDE NOTE TAKING (GNT) TOWARD STUDENTS’ LEARNING ACHIEVEMENT ON GEOGRAPHIC IN THE ELEVENTH GRADE OF SOCIAL CLASS OF SMA NEGERI 2 KARANGANYAR IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University. Agustus 2016. The objectives of the research are; 1) to identify the difference between three cooperative methods; Two Stay Two Stray (TSTS), Guide Note Taking (GNT), and lecture-question-answer technique toward students’ learning achievement on geographic learning material of the preservation of environment and the continuous development in the eleventh grade of social class of SMA Negeri 2 Karanganyar in the academic year of 2015/2016, 2) to know the effectivity of cooperative method between TSTS and lecture-question-answer technique toward students’ learning achievement on geographic learning material of the preservation of environment and the continuous development in the eleventh grade of social class of SMA Negeri 2 Karanganyar in the academic year of 2015/2016, 3) to know the effectivity of cooperative method between GNT and lecture-question-answer technique toward students’ learning achievement on geographic learning material of the preservation of environment and the continuous development in the eleventh grade of social class of SMA Negeri 2 Karanganyar in the academic year of 2015/2016, and 4) to know the effectivity of cooperative method between TSTS and GNT technique toward students’ learning achievement on geographic learning material of the preservation of environment and the continuous development in the eleventh grade of social class of SMA Negeri 2 Karanganyar in the academic year of 2015/2016. The method used in the research is quasi experimental method. Kind of research designs used is “Control Group Pretest-Posttest Design”. The populations of the research are all of the eleventh grade students of SMA Negeri 2 Karanganyar. The sample of the research is the sample class. The experiment class implemented TSTS and GNT learning method. The control class implemented lecture-question-answer learning method. The samples were taken by using simple random sampling technique. The technique of collecting data used documentation, interview, observation, and learning result test. The technique of analyzing data used inferential parametric statistic with the hypothesis used was One Way Anava and Anava Scheffe’ Test. The result of the research showed that 1) there were significant differences in using TSTS, GNT, and lecture-question-answer model which was can be proven by One Way Anava test with significance level of 5% derived by F calculation > F table (24,0156 > 3,0759), 2) the geographic learningachievement used TSTS was better than lecture-question-answer technique, 3) the geographic learning achievement used GNT was better than lecture-question-answer technique, and 4) the geographic learning achievement used TSTS was better than GNT technique toward the eleventh grade of social class of SMA Negeri 2 Karanganyar in the academic year of 2015/2016. It showed that the most influential learning method was TSTS , GNT, and lecture-question-answer. Keywords : Two Stay Two Stray (TSTS), Guide Note Taking(GNT), Geographic Learning Achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 08 Nov 2016 11:38
    Last Modified: 08 Nov 2016 11:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28500

    Actions (login required)

    View Item