SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN LABORATORIUM MIPA TERPADU UNS DENGAN FITUR QUICK RESPONSE (QR) CODE BERBASIS WEB DAN ANDROID

NUR , ISKANDAR Z (2016) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN LABORATORIUM MIPA TERPADU UNS DENGAN FITUR QUICK RESPONSE (QR) CODE BERBASIS WEB DAN ANDROID. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Nur Iskandar Zulkarnaen, 2016. Sistem Informasi Manajemen Layanan Laboratorium MIPA Terpadu UNS Dengan Fitur Quick Response (QR) Code Berbasis Web dan Android. DIII Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Laporan tugas akhir ini membahas tentang proses perancangan dan pembangunan sistem informasi laboratorium untuk melayani pelanggan laboratorium MIPA Terpadu secara online dengan bantuan komputer dan perangkat android melalui program berbasis Web dan Android. Program berbasis web dibangun dengan menggunakan framework CodeIgniter dan database Mysql, sedangkan aplikasi androidnya dibangun dengan menggunakan tool App Inventor. Pada aplikasi yang dibangun ini memanfaatkan fasilitas fitur Quick Response (QR) Code. Metode penelitian yang dilakukan dalam melakukan penelitian-penelitian melalukan studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan meliputi wawancara dan pengamatan. Studi pustaka dilakukan dengan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah yang dihadapi penulis. Tugas akhir ini membahas tentang rancangan dan implementasi sistem informasi pelayanan Laboratorium berbasis web dan android secara online pada Laboratorium MIPA Terpadu UNS. Dalam laporan ini akan digambarkan sistem yang akan diusulkan melalui perancangan sistem dengan pendekatan Object Oriented Programming (OOP) yaitu dengan mengunakan diagram UML (Unifield Modeling Language). Adapun diagram yang penulis gunakan untuk perancangan system ini meliputi use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Disamping itu perancangan sistem juga dilakukan dengan menyusun desain User Interface, implenetasi sistem, dan analisa sistem. Rancangan, pembangunan dan penerapan sistem informasi ini akan membantu dalam proses-proses transaksi pelayanan Laboratorium, memudahkan pengambilan dokumen Laboratorium lebih cepat. Pengumpulan data serta penghasilan informasi secara cepat dan tepat denagan waktu yang sesuai kebutuhan pengguna sistem. Kata Kunci : Menejemen, Layanan, Laboratorium MIPA Terpadu, UNS, Web, Android, Quick Response (QR) Code.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Rina Dwi Setianingrum
    Date Deposited: 08 Nov 2016 10:56
    Last Modified: 08 Nov 2016 10:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28488

    Actions (login required)

    View Item