KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH DAN PENGARUH PDRB TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Studi pada 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Tahun 2010-2014)

Raihanah, Ana (2017) KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH DAN PENGARUH PDRB TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Studi pada 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Tahun 2010-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (463Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keuangan daerah serta untuk mengetahui pengaruh dari PDRB, Inflasi, dan Jumlah Penduduk terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) 7 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah pada tahun 2010-2014. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari BPS. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan indeks kemampuan keuangan daerah dan menggunakan alat analisis data panel dengan pendekatan yang digunakan adalah Fixed Effect Model (FEM) dengan metode cross-section Weighted (GLS). Hasil pengujian kemampuan keuangan daerah menunjukkan bahwa Kabupaten Batang dan Kabupaten Sukoharjo memiliki status kemampuan keuangan daerah yang tinggi, sedangkan yang memiliki status kemampuan keuangan sedang adalah Kota Semarang, kemudian 4 kabupaten/kota lainnya yaitu Kota Surakarta, Kabupaten Demak, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Blora mempunyai status kemampuan keuangan daerah yang rendah. Hasil pengujian regresi panel menunjukkan bahwa secara parsial PDRB berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD, sedangkan Inflasi berpengaruh signifikan negatif terhadap PAD dan Jumlah Penduduk berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap PAD. Saran dari penelitian ini yaitu perlu adanya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan keuangan daerah bagi kabupaten/kota yaitu dengan intensifikasi dan ekstensifikasi pajak atau retribusi daerah. Peningkatan PAD perlu diimbangi dengan peningkatan PDRB dengan cara menggali sektor-sektor yang memiliki kontribusi yang paling besar terhadap PAD terutama sektor perdagangan, hotel dan restoran. Pemerintah diharapkan dapat menjaga kestabilan inflasi disetiap wilayah dengan cara meningkatkan penerimaan pajak bagi unit usaha yang tidak memproduksi kebutuhan pokok. Kata kunci : PAD, Kemampuan Keuangan, PDRB, Inflasi, Jumlah Penduduk, Data Panel.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 07 Nov 2016 22:45
    Last Modified: 07 Nov 2016 22:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28480

    Actions (login required)

    View Item