Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Hasil Percobaan Gaya dengan Menerapkan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellectually) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bumi I No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

Rakhmawati, Yeni (2016) Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Hasil Percobaan Gaya dengan Menerapkan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellectually) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bumi I No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (797Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yeni Rakhmawati. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN HASIL PERCOBAAN GAYA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALITATION, INTELLECTUALLY) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bumi I No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proes pembelajaran dan keterampilan menyimpulkan dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellectually) pada siswa kelas IV SD Negeri Bumi I No. 67 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Bumi I No. 67 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru kelas IV, data nilai keterampilan menyimpulkan pratindakan dan saat tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, portofolio, tes, dan dokumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini mendeskripsikan bahwa kualitas proses pembelajaran keterampilan menyimpulkan meliputi hasil kenerja guru, efektivitas pembelajaran, aktivitas siswa, afektif siswa, dan hasil evaluasi siswa meningkat dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Selain itu, nilai rata-rata keterampilan menyimpulkan siswa pada pratindakan adalah 55,97 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 12,93% siswa yang mencapai batas kentuntasan keterampilan menyimpulkan sebesar lebih dari atau sama dengan 84. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 64,59 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 29,03%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat 78,72 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 58,06%. Pada siklus III, nilai rata-rata kelas meningkat 87,98 dengan persentase ketercapaian kelas sebesar 87,1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellectually) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menyimpulkan pada siswa kelas IV SD Negeri Bumi I No. 67 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellectually), keterampilan menyimpulkan ABSTRACT Yeni Rakhmawati. IMPROVING CONCLUSION SKILL ABOUT FORCE EXPERIMENT USING SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUALITATION, INTELLECTUALLY) LEARNING MODEL. (Classroom action researches on the fouurth grade students of state primary school of Bumi I No. 67 Surakarta in the academic year 2015/2016). Minithesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, June 2016. The purpose of this research is to improve the the quality of learning process and conclusion skills through learning model of SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellectually) in fourth grade students of State Primary School of Bumi I No. 67 Surakarta in the academic year 2015/2016). This research form is Classroom Action Research (CAR) and it was conducted in three cycles. Each cycle consist of four steps, they are planning, implementation, observation, and reflection. The research subject is the fourth grade students of State Primary School of Bumi I No. 67 Surakarta in the academic year 2015/2016) consist of 31 students. The source of data came from teacher, data value of conclusion skills in precycles and data value of conclusion skills in three cycles. The data collecting technique used are observation, interview, portofolio, test, and document. The data validity used triangulation of resources and triangulation of technique. The data analysis technique was interactive analys model consisting of the three components, the are data reduction, data display, and conclusion. The result of classroom action researches describe that quality of learning process conclusion skill include result of teacher activity, learning effectiveness, students activity, students attitude, and result of students evalution increase from cycle I, cycle II, and cycle III. The average value before action is 55,97 with a percentage of classical completeness is 12,93%. On the cycle I, the average value of student rising to 64,59 with a percentage of classical completeness is 29,03%. On the cycle II, the average value of student rising to 78,72 with a percentage of classical completeness is 58,06%. On the cycle III, the average value of student rising again become 87,98 with a percentage of classical completeness is 87,1%. Based on the research result, it can be concluded that through SAVI ( Somatic, Auditory, Visualitation, Intellectually) model can improving the quality of learning process and conclusion skills through in the fourth grade students of State Primary School of Bumi I No. 67 Surakarta in the academic year 2015/2016). Keywords: SAVI ( Somatic, Auditory, Visualitation, Intellectually), conclusion skills

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 07 Nov 2016 18:35
    Last Modified: 07 Nov 2016 18:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28466

    Actions (login required)

    View Item