PENGARUH PERUBAHAN HARGA MINYAK DUNIA, KURS DAN INFLASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA BADAN USAHA PERTAMBANGAN YANG LISTING DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA) TAHUN 2011–2015

NOPRIADI, SYAHDIAR (2016) PENGARUH PERUBAHAN HARGA MINYAK DUNIA, KURS DAN INFLASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA BADAN USAHA PERTAMBANGAN YANG LISTING DI BEI (BURSA EFEK INDONESIA) TAHUN 2011–2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (450Kb)

    Abstract

    Indonesia sebagai salah satu negara penghasil barang tambang terbesar di dunia, hasil barang tambang yang besar di Indonesia menjadikan sektor pertambangan salah satu sektor yang paling diminati investor dipasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor makro-ekonomi yang berpengaruh terhadap return saham sektor pertambangan. Faktor makroekonomi yang akan diteliti adalah harga minyak dunia, inflasi dan kursyang dapat mempengaruhi return saham sektor pertambangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder harga penutupan saham sektor pertambangan, harga minyak dunia, inflasi, kurs, dan tingkat suku bunga perbulan dari tahun 2011 − 2015. Teknik pengujian data menggunakan analisis regresi untuk menguji sejauh-mana variabel independen mempengaruhi variabel dependen dengan tingkat signifikansi alpha 5%. Hasil penelitian membuktikan bahwa harga minyak, inflasi, kurs, dan tingkat suku bunga mempunyai pengaruh terhadap return saham sebesar 11.8%. Variabel harga minyak dunia, inflasi dan kurs tidak mempunyai pengaruh terhadap return saham pada α = 5%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 07 Nov 2016 18:19
    Last Modified: 07 Nov 2016 18:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28455

    Actions (login required)

    View Item