PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH UNTUK MEMPEROLEH KEPASTIAN HUKUM MELALUI PROGRAM NASIONAL AGRARIA BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN BOYOLALI

SETYOWATI, NUNIK YULI (2016) PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH UNTUK MEMPEROLEH KEPASTIAN HUKUM MELALUI PROGRAM NASIONAL AGRARIA BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN BOYOLALI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    ABSTRAK NUNIK YULI SETYOWATI, NIM S. 351402022, “PELAKSANAAN PENDAFTARAN HAK ATAS TANAH UNTUK MEMPEROLEH KEPASTIAN HUKUM MELALUI PROGAM NASIONAL AGRARIA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN BOYOLALI (Studi di Desa Pilangrejo, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali)” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pendaftaran hak atas tanah untuk memperoleh kepastian hukum melalui progam nasional agrarian kantor pertanahan kabupaten Boyolali di desa Pilangrejo, kecamatan Juwangi, kabupaten Boyolali. Penelitian ini bila dilihat dari jenisnya merupakan penelitian empiris/penelitian non Doktrinal dengan menggunakan metode pendekatan penelitian Sosiologis Empiris. Penelitian non Doktrinal/penelitian Sosiologis Empiris maksudnya penelitian yang didukung dengan data sekunder berupa laporan-laporan yang diperoleh di lokasi penelitian serta bahan pustaka lainnya. Penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pendaftaran hak atas tanah untuk memperoleh kepastian hukum melalui program nasional agraria kantor pertanahan kabupaten boyolali di desa Pilangrejo, kecamatan Juwangi pada dasarnya pendaftaran hak atas tanah untuk pertama kali prosedurnya sama dengan pendaftaran hak atas tanah biasa dan tetap berdasarkan pada PP No.24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, dalam program nasional agrarian pemohon tidak perlu datang ke kantor pertanahan untuk mendaftarkan tanahnya. Selain itu proyek nasional agraria ini sangat meringankan golongan ekonomi lemah, karena tidak dikenakan biaya. Diadakannya Prona karena desa Pilangrejo tersebut luas tanah yang belum bersertifikat lebih banyak jika dibanding dengan luas tanah yang sudah bersertifikat. Pelaksanaan prona di desa Pilangrejo berjalan kurang efektif karena adanya berbagai kendala. Dari kendala yang ada, ada beberapa instansi yang sangat berperan agar dalam pelaksanaan Prona dapat berjalan dengan baik, diantaranya kepada kantor pertanahan agar lebih giat lagi untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat, serta kepada kantor desa pilangrejo agar bisa membantu program tersebut dengan baik, serta kerjasama yang baik antara kantor desa pilangrejo dengan kantor pertanahan kabupaten boyolali. Selain itu juga kepada masyarakat agar bisa meningkatkan kesadaran hukum, agar antara kantor pertanahan, kantor desa pilangrejo, dan masyarakat ada kerjasama dan koordinasi yang baik supaya apa yang di cita-citakan pemerintah dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci : Pendaftaran Hak Atas Tanah, Progam Nasional Agraria, Kepastian Hukum.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kenotariatan
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 07 Nov 2016 17:32
    Last Modified: 07 Nov 2016 17:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28446

    Actions (login required)

    View Item