EFEKTIVITAS METODE READ ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN

KUSUMA, ARDI (2016) EFEKTIVITAS METODE READ ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (799Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ardi Kusuma. K8112010. EFEKTIVITAS METODE READ ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode read aloud terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain between subject design. Sampel penelitian ini adalah 50 anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Surakarta. Validitas instrumen menggunakan content validity. Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur keterampilan menyimak anak. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan kolmogorov smirnov dan levene test for equality of variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows. Hasil analisis data menunjukkan, pertama, hasil kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan, rata-rata pretest kelompok eksperimen dari 24,92 meningkat menjadi 32,40 pada saat posttest, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol dari 22,80 pada saat pretest meningkat menjadi 27,12 pada saat posttest. Kedua, terdapat efektivitas metode read aloud terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun, yang dibuktikan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (ρ<0,05). Ketiga, penelitian ini juga menunjukkan nilai R Square 0, 752, yang berarti bahwa sumbangan efektif metode read aloud terhadap keterampilan menyimak anak sebesar 75,2%. Kata kunci : metode read aloud, keterampilan menyimak, pendidikan anak usia dini. ABSTRACT Ardi Kusuma. K8112010. THE EFFECTIVENESS READ ALOUD METHOD ON CHILDREN’S LISTENING SKILL AGED 5-6 YEAR .Script, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University. June 2016. The study aimed to determine the effectiveness of the read aloud method toward listening skills of children aged 5-6 years. The research was quantitative quasi experimental design with between subject design. The sample was 50 children aged 5-6 years in kindergarten Negeri Pembina Surakarta. Validity of the instrument using content validity. Data collection through a test to measure children’s listening skills. Normality and homogeneity test using Kolmogorov Smirnov and levene test for equality of variance. The data analyzed using statistical parametric after the data is otherwise normal and homogeneous with significance level of > 0,05. Hypothesis test using t-test with SPSS 15 for windows. The results showed that, first, the results of the two groups showed an increase, the average pretest experimental group increased from 24,92 to 32,40 during the posttest, while the average value of 22,80 in the control group pretest increased to 27, 12 at the time of the posttest. Second, there was the effectiveness of read aloud method toward listening skills of children aged 5-6 years, as evidenced by the significant difference between the experimental group and the control group (ρ <0,05). Third, the study also showed the value of R Square 0, 752, which means that the effective contribution of read aloud method toward children’s listening skills amounted to 75,2%. Keywords: read aloud method, listening skill, early childhood education. Sistem Upload Eprints Logout Detail

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 16 Nov 2016 07:22
    Last Modified: 16 Nov 2016 07:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28444

    Actions (login required)

    View Item