Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS tentang Perjuangan Tokoh Nasional Siswa Kelas V SDN Bratan III Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

H, MAHARANI NIMASAYU (2016) Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPS tentang Perjuangan Tokoh Nasional Siswa Kelas V SDN Bratan III Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (493Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Maharani Nimasayu Hendraswari. PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS TENTANG PERJUANGAN TOKOH NASIONAL SISWA KELAS V SDN BRATAN III SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS tentang perjuangan tokoh nasional siswa kelas V SDN Bratan III Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bratan III Surakarta yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif dan analisis deskriptif komparatif. Model analisis data interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam dua siklus, didapatkan nilai rata-rata pemahaman konsep IPS tentang perjuangan tokoh nasional pada siswa kelas V SDN Bratan III Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Batas kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 69. Pada kegiatan pratin- dakan nilai rata-rata tes pemahaman konsep IPS mencapai 49,3 dengan ketuntasan klasikal 23,33% atau sebanyak 7 siswa dari 30 siswa tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 71,3 dengan ketuntasan klasikal 66,67% atau 20 siswa dari 30 siswa tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,5, dengan ketuntasan klasikal mencapai 90% atau 27 siswa dari 30 siswa tuntas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Make a Match dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS tentang perjuangan tokoh nasional siswa kelas V SDN Bratan III Surakarta. Kata kunci : pemahaman konsep IPS, model Make a Match. ABSTRACT Maharani Nimasayu Hendraswari. THE IMPLEMENTATION MAKE A MATCH MODEL TO IMPROVED THE UNDERSTANDING CONCEPT OF SOCIAL SCIENCE ABOUT THE STRUGGLE OF NATIONAL FIGURE 5TH GRADE STUDENT OF BRATAN III ELEMENTARY SCHOOL SURAKARTA IN ACADEMIC YEARS 2015/2016. Skripsi : The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University 2016, Surakarta The objective of this research was to improved the understanding concept of Social Science about the struggle of national figure 5th grade students of Bratan III elementary school Surakarta in academic year 2015/2016. This research was a Classroom Action Research (CAR) use cycles model. This research was conducted in two cycles, with four steps on each cycle; planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research is the students of 5th grade of Bratan III elementary school Surakarta, there were 30 students, consists of 14 male students and 16 female students. The data collection techniques of this research were observation, interview, document, and test. The data validity of this research was tested using source and technique triangulation. The data analysis used was interactive data analysis and comparative descriptive analysis. Interactive data analysis model which consists of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The result of the Classroom Action Research (CAR) that had been conducted in two cycles, obtained an average value of understanding the concept of social science about the struggle of natonal fugure 5TH grade students of Bratan III elementary school Surakarta in academic years 2015/2016. Limit completion criteria that has been set is 69. On the activities of preaction average value of understanding concept of social science get 49,3 with 23,33% classical completeness or as much 7 out of 23 students succeeded. On the first cycle, the average value achieved 71,3 with 66,67% of classical completness or about 20 out of 30 students succeeded. On the second cycle, the average value increased up to 80,5 with 90% of classical completeness or about 27 out of 30 students succeeded. The conclusion of the research is the implementation of Make a Match model can improve the understanding concept of Social Science about the struggle of national figure 5th of Bratan III elementary school Surakarta Keywords : understanding concept of Social Science, Make a Match model

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 07 Nov 2016 17:04
    Last Modified: 07 Nov 2016 17:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28432

    Actions (login required)

    View Item