FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ENVIRONMENTAL DISCLOSURE SEKTOR AIR PERUSAHAAN TAMBANG DI INDONESIA, MALAYSIA, THAILAND DAN FILIPINA: SUDUT PANDANG STAKEHOLDER THEORY (Studi Pada Perusahaan Tambang Tahun 2012 -2014)

SAWITRI, ANIK (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ENVIRONMENTAL DISCLOSURE SEKTOR AIR PERUSAHAAN TAMBANG DI INDONESIA, MALAYSIA, THAILAND DAN FILIPINA: SUDUT PANDANG STAKEHOLDER THEORY (Studi Pada Perusahaan Tambang Tahun 2012 -2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (179Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai permasalahan lingkungan yang ada saat ini, seperti kelaparan, kekeringan, global warming dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi environmental disclosuresektor air pada perusahaan tambang di Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina. Stakeholder (variabel independen) yang digunakan dalam penelitian ini adalah stakeholder yang diproksikan dengan shareholder( managerial ownership, government ownership, institutional ownership, foreign ownership), creditor, external auditor, sedangkan environmrntal disclosure sektor air sebagai variabel dependen, dan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan (firm size). Peneliti menggunakan sampel dari 54 perusahaan tambang yang ada di Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina yang terdaftar di Bursa Efek masing-masing negara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalaha Annual Report masing-masing perusahaan dari tahun 2012 hingga 2014 yang dapat diakses. Analisis dalam penelitian ini menggukan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa managerial ownership, government ownership dan eksternal auditor berpengaruh positif terhadap Environmental disclosure sektor air perusahaan tambang di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Kata kunci: stakeholder, environmental disclosure, water

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 16 Nov 2016 07:24
    Last Modified: 16 Nov 2016 07:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28422

    Actions (login required)

    View Item