PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PURWOTOMO NO.97 TAHUN AJARAN 2015/2016

HANDAYANI, LAIS (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PURWOTOMO NO.97 TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1095Kb)

    Abstract

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC Lais Handayani 1), Riyadi 2), Djaelani 3) PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta e-mail: � HYPERLINK "mailto:laishandayani088@gmail.com" �laishandayani088@gmail.com� Abstract: The purpose of this study is to improve the ability to solve the story question through Realistic Mathematics Education (RME) with Scientific approach in the third grade students of primary school of SD Negeri Purwotomo No.97 academic year 2015/2016. The purpose of this study also describes how to implement Realistic Mathematics Education (RME) with Scientific approach into solve story question learning. This research is a classroom action research, it was conducted in two cycles. The subject of this research is the third grade students of primary school of SD Negeri Purwotomo No. 97 Laweyan amounting to 24 students. The techniques of collecting data are test, observation, interview, and documentation. Data analysis technique use an interactive model. Data validity technique use a content validity. The percentage of completeness before action is 16,66% or 4 students; the cycle I increased to 29,16% or 7 students; and the cycle II increased to 87,50% or 21 students. Based on the research result, it can be concluded that through Realistic Mathematics Education (RME) with a scientific approach can improve the ability to solve the story questions in the third grade students of primary school of SD Negeri Purwotomo No.97 in the academic year 2015/2016. Implementation Realistic Mathematics Education (RME) with a scientific approach that can improve the ability to solve the story question is carried out in accordance with the steps Realistic Mathematics Education (RME) with a scientific approach that is right and proper, and maximize the realistic situation. Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita melalui Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Scientific pada siswa kelas III SD Negeri Purwotomo No.97 tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini juga memaparkan cara menerapkan Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan Scientific dalam pembelajaran menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Purwotomo No.97 Laweyan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Persentase ketuntasan sebelum tindakan sebesar 16,66% atau sebanyak 4 siswa; siklus I meningkat menjadi 29,16% atau sebanyak 7 siswa dan siklus II meningkat menjadi 87,50% atau 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada siswa kelas III SD Negeri Purwotomo No.97 tahun ajaran 2015/2016. Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan scientific yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dilakukan sesuai langkah-langkah Realistic Mathematics Education (RME) dengan pendekatan scientific yang benar dan tepat, serta memaksimalkan suasana realistik. Kata Kunci: soal cerita, Realistic Mathematics Education (RME), pendekatan scientific.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 07 Nov 2016 16:17
    Last Modified: 07 Nov 2016 16:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28418

    Actions (login required)

    View Item