MEDIA DAN PERILAKU PENELURUSAN INFORMASI INDIVIDU (Studi Korelasi Penggunaan Media Internet dan Media Cetak Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Dunia Kerja Oleh Mahasiswa Calon Wisudawan/ti Ilmu Komunikasi FISIP UNS Periode Maret 2009)

RUSMANTO, HERI (2016) MEDIA DAN PERILAKU PENELURUSAN INFORMASI INDIVIDU (Studi Korelasi Penggunaan Media Internet dan Media Cetak Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Dunia Kerja Oleh Mahasiswa Calon Wisudawan/ti Ilmu Komunikasi FISIP UNS Periode Maret 2009). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (212Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Heri Rusmanto, D 0204007, MEDIA DAN PERILAKU PENELUSURAN INFORMASI INDIVIDU (Studi Korelasi Penggunaan Media Internet dan Media Cetak Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Dunia Kerja Oleh Mahasiswa Calon Wisudawan/ti Ilmu Komunikasi FISIP UNS Periode Maret 2009), skripsi (S-1) jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2009. Pada masa sekarang, informasi merupakan hal yang sangat vital bagi manusia. Ketika lowongan pekerjaan semakin sulit didapat seorang pencari kerja harus mampu mencari berbagai informasi tentang lapangan kerja melalui bermacam-macam media yang dia kuasai dengan cepat dan tepat. Mahasiswa calon wisudawan/ti Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) termasuk kategori para pencari kerja yang sangat membutuhkan informasi mengenai tersedianya lowongan pekerjaan melalui media cetak dan internet. Sehingga penggunaan media cetak dan internet di kalangan mahasiswa calon wisudawan/ti Ilmu Komunikasi didorong oleh kebutuhan terhadap informasi lapangan pekerjaan, dengan harapan agar kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan antara kebutuhan terhadap informasi lapangan pekerjaan, penggunaan media cetak dan internet, serta pemenuhan kebutuhan informasi lapangan pekerjaan dan kepuasan yang diperoleh dari penggunaan kedua media tersebut. Berkaitan dengan hal ini, maka diajukan hipotesa sebagai berikut (1) “Ada hubungan yang signifikan antara antara kebutuhan informasi lapangan pekerjaan dengan penggunaan media cetak di kalangan mahasiswa calon wisudawan/wisudawati Ilmu Komunikasi FISIP UNS”, (2) “Ada hubungan yang signifikan antara kebutuhan informasi lapangan pekerjaan dengan penggunaan internet di kalangan mahasiswa calon wisudawan/wisudawati Ilmu Komunikasi FISIP UNS”, (3) “Ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media cetak dengan pemenuhan kebutuhan informasi lapangan pekerjaan mahasiswa calon wisudawan/wisudawati Ilmu Komunikasi FISIP UNS, (4) “Ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media internet dengan pemenuhan kebutuhan informasi lapangan pekerjaan mahasiswa calon wisudawan/wisudawati Ilmu Komunikasi FISIP UNS”, (5) “Ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media cetak sebagai media penyedia informasi lapangan pekerjaan dengan kepuasan yang diperoleh dalam mengakses informasi tersebut di kalangan mahasiswa calon wisudawan/wisudawati Ilmu Komunikasi FISIP UNS”, (6) “Ada hubungan yang signifikan antara penggunaan internet sebagai media penyedia informasi lapangan pekerjaan dengan kepuasan yang diperoleh dalam mengakses informasi tersebut di kalangan mahasiswa calon wisudawan/wisudawati Ilmu Komunikasi FISIP UNS”. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan dengan alat bantu kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa calon Wisudawan/ti Ilmu Komunikasi FISIP UNS periode Maret 2009. Data dari hasil kuesioner kemudian dimasukkan xviii kedalam coding sheet dan diolah secara manual dengan menggunakan rumus Koefisien Korelasi Tata Jenjang Spearman. Selanjutnya uji signifikansi terhadap nilai Rs dilakukan dengan menggunakan rumus t dengan taraf signifikansi 0,01%. Secara umum data menunjukkan untuk kebutuhan responden terhadap informasi lapangan pekerjaan sangat tinggi (90,2%). Kemudian untuk penggunaan media, kedua media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media cetak dan internet memperoleh kategori sama, yaitu tinggi dengan 53,7% untuk media cetak dan 58,5% untuk internet. Lalu untuk pemenuhan kebutuhan informasi lapangan pekerjaan oleh media cetak dan kepuasan dalam penggunaan media cetak, diperoleh hasil menengah ke atas yaitu 78,1% (pemenuhan kebutuhan informasi) dan 73,1% (kepuasan dalam penggunaan media cetak). Sedangkan pada internet data menunjukkan untuk pemenuhan kebutuhan informasi lapangan pekerjaan diperoleh hasil menengah ke atas (82,9%), dan untuk kepuasan dalam penggunaan internet diperoleh hasil yang juga menengah ke atas, yaitu 78,1%. Dari hasil penghitungan tersebut, maka keseluruhan hipotesa yang diajukan di atas terbukti, dengan masing-masing t sebesar: 3,813; 3,059; 3,753; 3,913; 3,803; dan 3,418 dengan db= 39 dan taraf signifikansi 0,01%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 07 Nov 2016 16:01
    Last Modified: 07 Nov 2016 16:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28415

    Actions (login required)

    View Item