PERANAN RESEPSIONIS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU DI BAGIAN FRONT OFFICE THE AMRANI SYARIAH HOTEL SURAKARTA

D, GIONINO LIRISTA (2016) PERANAN RESEPSIONIS DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU DI BAGIAN FRONT OFFICE THE AMRANI SYARIAH HOTEL SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (360Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Gionino Lirista D, 2016 C9413025. Peranan Resepsionis Dalam Memberikan Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan Tamu Di Bagian Front Office The Amrani Syariah Hotel Surakarta. Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang bagaimana peranan resepsionis sebuah hotel dalam memberikan pelayanan prima untuk kepuasan tamu, bagaimana hubungan front office department dengan department yang lain dalam rangka memberikan kepuasan pelayanan prima kepada tamu, serta Kendala apa saja yang dihadapi dalam memberikan pelayanan prima. Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan pemberian pelayanan prima oleh resepsionis kepada tamu hotel. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui observasi praktek kerja lapangan selama 3 ( tiga ) bulan di bagian resepsionis Front Office Department, wawancara dengan General Manager, staff Front Office Department dan tamu, kuesioner yang diperoleh langsung dari tamu yang menginap, studi pustaka dari buku – buku yang diperoleh dari Lab Tour Usaha Perjalanan Wisata Universitas Sebelas Maret sesuai dengan konsep yang berkaitan dengan judul. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian bahwa 76,75 % tamu merasa puas. Hasil tersebut berarti resepsonis The Amrani Syariah Hotel Surakarta mampu memberikan pelayanan prima untuk kepuasan tamu dengan peranannya yang sangat penting di The Amrani Syariah Hotel Surakarta, karena petugas resepsionis melakukan kontak langsung dengan tamu, hal tersebut didukung dengan cara – cara petugas resepsionis dalam memberikan pelayanan prima yang pada intinya memberikan pelayanan cepat, tepat dan ramah. Dalam pemberian pelayanan prima untuk kepuasan tamu tidak terlepas dari hubungan Front Office Department dengan Department lain yang memiliki hubungan kerja masing masing. Dalam memberikan pelayanan prima untuk kepuasan tamu di The Amrani Syariah Hotel Surakarta pastinya mendapatkan kendala, yang pada dasarnya adalah masalah – masalah umum yang hotel lain juga alami seperti kearogansian para staff yang timbul dikarenakan mereka ahli pada bidangnya yang menimbulkan persaingan, minimnya pengetahuan tentang bahasa inggris dalam memberikan pelayanan, kehilangan barang-barang milik hotel yang terbawa tamu, serta keluhan tamu karena beberapa faktor khususnya tentang pelayanan resepsionis. Hal-hal tersebut dapat ditangani dengan beberapa langkah yaitu mendengarkan dengan baik dan penuh perhatian, tetap tenang, tetap sopan dan ramah, mempelajari dan mencari penyebabnya serta mencatat setiap keluhan tamu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 07 Nov 2016 15:34
    Last Modified: 07 Nov 2016 15:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28403

    Actions (login required)

    View Item