PENERAPAN DIVERGENT DISCOVERY STYLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BERMAIN BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-E SMP NEGERI 1 TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016

PRAKTISTA, FATKHA (2016) PENERAPAN DIVERGENT DISCOVERY STYLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BERMAIN BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-E SMP NEGERI 1 TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (591Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Fatkha Praktista. PENERAPAN DIVERGENT DISCOVERY STYLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN BOLAVOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-E SMP NEGERI 1 TIRTOMOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2015/2016, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli pada peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 1 Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan Gaya Penemuan Divergen (Divergent Discovery Style). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 1 Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 14 peserta didik putra dan 18 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket berupa kartu ceria, dokumentasi atau arsip berupa foto dan vidio. Analisis data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan teknik persentase. Prosedur penelitian adalah berupa siklus pembelajaran yang saling berkaitan. Berdasarkan hasil analisis data pada bab IV diperoleh peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus hasil belajar bermain bolavoli pada kriteria sangat baik 0%, baik 0 %, cukup 18,75%, kurang 81,25%, dan kurang sekali 0% jumlah peserta didik yang tuntas adalah 6 peserta didik. Pada siklus I hasil belajar bermain bolavoli pada kategori sangat baik sebesar 0%, baik 0%, cukup 37,50%, kurang 62,50%, dan kurang sekali 0%, jumlah peserta didik yang lulus 12 peserta didik dengan persentase 37,50%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar bermain bolavoli pada kategori sangat baik sebesar 0%, baik 34,38%, cukup 50,00%, kurang 15,62%, kurang sekali 0%, jumlah peserta didik yang tuntas dan lulus adalah 27 peserta didik dari total jumlah peserta didik 32 dengan persentase 84,37% dan yang belum tuntas 5 peserta didik dengan persentase 15,62%. Peningkatan terjadi pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar bermain bolavoli telah mencapai target yang ingin dicapai pada siklus II bahkan melebihi target meskipun belum semua peserta didik dapat tuntas dalam materi bermain bolavoli. Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulan bahwa penerapan divergent discovery style dapat meningkatkan hasil belajar bermain bolavoli pada peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 1 Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Hasil Belajar, Bermain bolavoli, Penerapan Divergent Discovery Style. ABSTRACT Fatkha Praktista. “APPLICATION OF DIVERGENT DISCOVERY STYLE TO IMPROVE RESULTS IN LEARNING GAME VOLLEYBALL CLASS VIII-E 1 TIRTOMOYO WONOGIRI DISTRICT JUNIOR HIGH SCHOOL YEAR STUDY 2015/2016”. Thesis, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education in Sebelas Maret University of Surakarta, Juni 2016. The purpose of this research is to improve learning outcomes volleyball game class VIII-E 1 Tirtomoyo Wonogiri District Junior High School Year Study 2015/2016 through the application of divergent discovery (Divergent Discovery Style). This research is a classroom action research (PTK). This study was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects were students of class VIII-E 1 Tirtomoyo Wonogiri District Junior High School Year Study 2015/2016 totaling 32 students consisting of 14 boys and 18 female student. Source data comes from teachers, students and researcher. Data collection techniques are observation, interviews, questionnaires be cheerful cards, documentation or archives of photos and vidio. Validity of data using data triangulation technique. The data analysis using descriptive analysis techniques and techniques of comparative percentages. The procedure is a form of learning cycle research interrelated. Based on the results of data analysis in chapter IV acquired a significant increase occurred in prasiklus to the first cycle and from cycle I to cycle II. At prasiklus learning outcomes volleyball game on the criteria very well 0%, 0% good, fairly 18,75%, 81,25% less, and less so 0% of students who completed is 6 students. In the first cycle of learning outcomes game of volleyball on the very good category amounted to 0%, 0% good, fairly 37,50%, 62,50% less, and less so 0%, the number of students who graduated 12 students with a percentage of 37,50%. While in the second cycle learning outcomes volleyball game in the excellent category by 0%, 34,38% good, fairly 50,00%, less than 15,62%, less than once a 0%, the number of students who completed and passed is 27 students of the total number of students 32 to 84,37% and the percentage of unresolved 5 students with Perseas 15,62%. The increase occurred in the first cycle and second cycle. Volleyball game learning outcomes have achieved the targets to be achieved in the second cycle even exceed the target, although not all students can be completed with in the material volleyball game. The conclusion of this study is the application of divergent discovery Style can improve learning outcomes game of volleyball class VIII-E 1 Tirtomoyo Wonogiri District Junior High School Year Study 2015/2016. Keywords: Learning outcomes, Volleyball game, Application of Divergent Discovery Style

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 07 Nov 2016 15:23
    Last Modified: 07 Nov 2016 15:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28399

    Actions (login required)

    View Item