PERBEDAAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBANTUAN EDMODO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL BAGI SISWA KELAS X SMK ( STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN)

FAUZIYAH, SYIFA (2016) PERBEDAAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBANTUAN EDMODO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL BAGI SISWA KELAS X SMK ( STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (624Kb)

    Abstract

    Syifa Fauziyah. K3512059. PERBEDAAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBANTUAN EDMODO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL BAGI SISWA KELAS X SMK ( STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adanya perbedaan penggunaan e-learning berbantuan edmodo pada kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen. (2) Keefektivan penggunaan e-learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) yang terdiri dari 3 kelas. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan metode Random Sampling. penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy-Experimental Design with Pretest-Posttest and Control Group. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney dengan taraf signifikasi 0,05. Sedangkan untuk mengetahui kategori gain menggunakan rumus Ricard R. Huke. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini, (1) Ada perbedaan penggunaan e-learning berbantuan edmodo pada kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen yang ditunjukkan oleh p-value sebesar 0,000<0,05. (2) Penggunaan e-learning berbantuan Edmodo efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai gain masing-masing kelas. Untuk kelas eksperimen memiliki nilai gain sebesar 0,647 dan kelas kontrol memiliki nilai gain sebesar 0,425. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-learning berbantuan Edmodo lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibanding pembelajaran konvensional. Kata Kunci : E-learning, Edmodo, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 07 Nov 2016 14:48
    Last Modified: 07 Nov 2016 14:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28388

    Actions (login required)

    View Item