PERAN MEDIA RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN CITRA PT. PERTAMINA HULU ENERGI OFFSHORE NORTH WEST JAVA JAKARTA DIMATA MASYARAKAT

ARYA, IRVANDANA (2016) PERAN MEDIA RELATIONS UNTUK MENINGKATKAN CITRA PT. PERTAMINA HULU ENERGI OFFSHORE NORTH WEST JAVA JAKARTA DIMATA MASYARAKAT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1701Kb)

    Abstract

    Kuliah Kerja Media ini mengambil lokasi di Pertamina Hulu Energi ONWJ Jakarta dengan tujuan untuk mengetahui, mempelajari dan memahami kegiatan salah satu unit penting dalamPublic Relations yaitu Media Relationsdi dalam dunia kerja nyata. Bagaimana peran Media Relations untuk meningkatkan citra Pertamina Hulu Energi ONWJ Pertamina Hulu Energi ONWJ merupakan salah satu pengelola minyak dan gas terbesar milik Indonesia. Sebagai cucu dari perusahaan BUMN Pertamina ( Persero ), Pertamina Hulu Energi ONWJ terus meningkatkan produksi dan kualitas perusahaan dengan menerapkan prinsip – prinsip Good Corporate Governance, Pertamina Hulu Energi ONWJ akan terus memperhatikan dan peka terhadap situasi dan kondisi yang berkembang di masyarakat sekitar perusahaan dan di dalam perusahaan. Dalam menjalankan operasi sehari – hari Pertamina Hulu Energi ONWJ bersinggungan dengan berbagai macam stakeholders, seperti employee, pemegang saham, pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat pesisir pantai utamanya nelayan dan media baik lokal maupun nasional. Untuk itu Pertamina Hulu Energi ONWJ harus selalu menjaga hubungan baik dengan stakeholders. Komitmen Pertamina Hulu Energi ONWJ untuk membina hubungan baik dengan media massa, baik cetak maupun elektronik nasional maupun lokal harus dijaga secara berkesinambungan. Maka terjadi hubungan yang saling membutuhkan antara perusahaan dan media. Pertamina Hulu Energi ONWJ membutuhkan media untuk melakukan publikasi terhadap segala kegiatan yang dilakukan perusahaan dan media membutuhkan berita yang aktual dari perusahaan. Disinilah peran media relations Pertamina Hulu Energi ONWJ berbicara, dengan berbagai program media relations yang dilakukan oleh perusahaan diharapkan dapat mewujudkan hubungan baik dengan media. Dengan demikianMedia Relations sebagai salah satu unit yang penting dalam Public Relations Pertamina Hulu Energi ONWJ memiliki pandangan bahwa hubungan yang erat dan baik dengan media dapat membantu mempertahankan citra yang positif. Media dianggap sebagai sarana yang dapat membantu perusahaan untuk menjangkau publik perusahaan yang tersebar. Selain membina hubungan dengan media, hubungan yang erat secara emosional juga perlu dijaga antara perusahaan dengan para wartawan. Disamping dapat meloby wartawan secara sehat, hal tersebut terbukti dapat mempertahakan hubungan baik perusahaan dengan media.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 06 Nov 2016 12:58
    Last Modified: 06 Nov 2016 12:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28381

    Actions (login required)

    View Item