KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODEL SIMBOLIS UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2015/2016

PERMATASARI, INTAN (2016) KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODEL SIMBOLIS UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (402Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Intan Permatasari. K3112041. KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODEL SIMBOLIS UNTUK MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling behavioral dengan teknik model simbolis untuk mengembangkan konsep diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan eksperimental semu (quasi experimental design) dengan jenis rancangan nonequivalent control group design. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Sragen yang berjumlah enam belas anak yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian yang dipilih adalah peserta didik yang memiliki konsep diri rendah. Teknik sampling penelitian ini menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Validitas instrumen menggunakan Korelasi Product Moment dengan SPSS 20.0 dan Expert Judgement. Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha melalui SPSS 20.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Mann Whitney dengan SPSS 20.0 dan untuk mendukung hasil pengujian hipotesis, akan dilakukan analisis klinis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai U pada skor 10,5, dan exact signifikan pada skor 0,021 yang artinya derajat kesalahan hipotesis dibawah batas yang diijinkan yaitu 5% (0,05), maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Simpulan penelitian ini adalah konseling behavioral dengan teknik model simbolis efektif untuk mengembangkan konsep diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : konseling behavioral, model simbolis, konsep diri

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 06 Nov 2016 12:33
    Last Modified: 06 Nov 2016 12:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28379

    Actions (login required)

    View Item