Analisis Kesalahan Bahasa pada Teks Pengumuman Berbahasa Jawa Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Surakarta

GANEFI, INDIRA NISA (2016) Analisis Kesalahan Bahasa pada Teks Pengumuman Berbahasa Jawa Karya Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (490Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Indira Nisa Ganefi. K4212036. ANALISIS KESALAHAN BAHASA PADA TEKS PENGUMUMAN BERBAHASA JAWA KARYA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kesalahan bahasa pada teks pengumuman berbahasa Jawa karya siswa kelas VII SMP Negeri 18 Surakarta; (2) faktor penyebab kesalahan bahasa pada teks pengumuman berbahasa Jawa karya siswa kelas VII SMP Negeri 18 Surakarta; (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan bahasa pada teks pengumuman berbahasa Jawa karya siswa kelas VII SMP Negeri 18 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sampel penelitian berupa teks pengumuman berbahasa Jawa karangan siswa kelas VII SMP Negeri 18 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kajian isi (content analysis) yang berasal dari wawancara dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data dengan menggunakan triangulasi teori, triangulasi metode, dan review informan. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) bentuk kesalahan bahasa pada teks pengumuman berbahasa Jawa karya siswa kelas VII SMP Negeri 18 Surakarta, meliputi: (a) kesalahan pada bidang ejaan sebanyak 433 (71,21%), kesalahan bahasa yang paling banyak ditemukan adalah pada aspek penggunaan huruf kapital; (b) kesalahan pada bidang diksi sebanyak 110 (18,10%), kesalahan bahasa yang paling banyak ditemukan adalah pada aspek penggunaan kata dalam bahasa Indonesia; dan (c) kesalahan pada bidang kalimat sebanyak 65 (10,69%), kesalahan bahasa yang paling banyak ditemukan adalah pada aspek penulisan kalimat tidak bersubjek; (2) faktor penyebab kesalahan bahasa pada teks pengumuman berbahasa Jawa karya siswa SMP Negeri 18 Surakarta, meliputi: (a) faktor dari dalam (internal): rendahnya minat siswa, rendahnya pemahaman kaidah kebahasaan siswa, dan kurangnya frekuensi latihan; dan (b) faktor dari luar (eksternal): lingkungan, guru, pembelajaran, dan pengaruh bahasa Ibu; (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan bahasa pada teks pengumuman berbahasa Jawa karya siswa kelas VII SMP Negeri 18 Surakarta, antara lain: meningkatkan penguasaan kaidah kebahasaan siswa, memperbanyak frekuensi latihan menulis, meningkatkan minat belajar siswa dan memberikan koreksi yang tepat. Kata kunci: analisis bahasa, kesalahan bahasa, dan teks pengumuman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 06 Nov 2016 12:22
    Last Modified: 06 Nov 2016 12:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28376

    Actions (login required)

    View Item