STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN ISLAMIC BANKING (IB) SIAGA PADA PT. BANK SYARIAH BUKOPIN

Q, HANIFAH LUTFI (2016) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN ISLAMIC BANKING (IB) SIAGA PADA PT. BANK SYARIAH BUKOPIN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (756Kb)

    Abstract

    Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan Islamic Banking (IB) Siaga pada PT. Bank Bukopin Syariah Cabang Surakarta. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui dua sumber, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka. Hasil penelitian pada PT. Bank Syariah Bukopin Cabang Surakarta dalam strategi pemasaran produk tabungan iB Siaga menggunakan pendekatan marketing mix meliputi product, price, place, promotion. Saluran promosi yang digunakan yaitu sales promotion, advertising, personal selling, customer community gathering. Kendala yang dihadapi oleh PT. Bank Syariah Bukopin Cabang Surakarta dalam memasarkan produk tabungan iB Siaga meliputi masyarakat belum mengenal perbankan syariah, kurangnya minat masyarakat untuk menabung di Bank Syariah, persaingan dengan bank kompetitor. Dalam meningkatkan pemasaran produk tabungan iB Siaga maka perlu adanya evaluasi analisis SWOT yang meliputi strength, weakness, opportunities, threats. Dari hasil analisis SWOT menggunakan metode Matrik SWOT dapat menegetahui faktor internal dan faktor eksternal, faktor-faktor tersebut menciptakan strategi baru seperti strategi SO,WO,ST serta strategi WT. Saran yang dapat penulis berikan kepada PT. Bank Syariah Bukopin Cabang Surakarta antara lain lebih meningkatkan promosi produk tabungan iB Siaga melalui sarana media elektronik, lebih meningkatkan keunggulan produk serta suku bunga (margin), melakukan inovasi strategi yang menarik seperti menyediakan Bus Layanan Gerak, memperluas kerjasama dengan berbagai instansi yang ada di wilayah Surakarta, memperbanyak mesin ATM agar memudakan nasabah untuk melakukan transaksi. Kata kunci : Strategi Pemasaran, SWOT, Tabungan Islamic Banking (iB) Siaga

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 06 Nov 2016 12:12
    Last Modified: 06 Nov 2016 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28373

    Actions (login required)

    View Item