PENGEMBANGAN SUBJEK SPESIFIK PEDAGOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X IPA SMAN 1 TERAS

HARTATI, ENDAH TRI (2016) PENGEMBANGAN SUBJEK SPESIFIK PEDAGOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X IPA SMAN 1 TERAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (781Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Endah Tri Hartati. PENGEMBANGAN SUBJEK SPESIFIK PEDAGOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENGUATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X IPA SMAN 1 TERAS. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian bertujuan mengetahui karakteristik, kelayakan, dan keefektivan perangkat Subjek Spesifik Pedagogi (SSP) berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan untuk penguatan sikap peduli lingkungan siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Teras. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) atau R&D. Desain penelitian yang digunakan adalah model 3-D termodifikasi dari model 4-D yang terdiri dari tahap define, design dan develop. Populasi penelitian adalah siswa X IPA SMA Negeri 1 Teras Boyolali, sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Data penelitian diperoleh melalui dokumentasi, observasi dan angket. Teknik analisis data meliputi analisis data untuk perangkat SSP, analisis data awal sikap peduli lingkungan siswa dan analisis data akhir. Analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (Paired Samples T Test). Analisis data dibantu dengan program SPSS 20. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, karakteristik perangkat Subjek Spesifik Pedagogi berbasis Problem Based Learning adalah dikembangkan berdasarkan tahapan PBL dan setiap aspek dalam angket NEP. Perangkat SSP yang dikembangkan adalah modul guru, modul siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa dan soal evaluasi. Kedua, kelayakan SSP diukur dari uji validitas, uji terbatas dan uji subjek penelitian. Hasil uji validitas secara umum valid dan dapat digunakan dalam uji coba terbatas dengan revisi yang ada. Uji terbatas oleh siswa tergolong cukup layak dapat digunakan namun perlu revisi. Uji terbatas oleh guru tergolong sangat layak dapat digunakan tanpa revisi. Uji subjek penelitian menunjukkan lembar kerja siswa dan modul sangat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran biologi. Ketiga, ada perbedaan yang signifikan pada pengetahuan dan sikap peduli lingkungan siswa. Hasil uji paired sample t test adalah nilai –t hitung < -t tabel (-17,216<-1,996) yang menunjukkan adanya kenaikan nilai angket NEP. Hasil uji paired sample t test adalah nilai –t hitung < -t tabel (-18,210<-1,996) menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa. Perangkat subjek spesifik pedagogi berbasis problem based learning efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap peduli lingkungan siswa. Kata kunci : Subjek Spesifik Pedagogi, Problem Based Learning, sikap peduli lingkungan, NEP

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 06 Nov 2016 11:45
    Last Modified: 06 Nov 2016 11:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28367

    Actions (login required)

    View Item