PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS RITMIK MATERI POKOK GERAK RITMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP N 1 RANDUBLATUNG BLORA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FEBRIYANTI, ARDHIA (2016) PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS RITMIK MATERI POKOK GERAK RITMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP N 1 RANDUBLATUNG BLORA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (697Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ardhia Febriyanti. K4612023. PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS RITMIK MATERI POKOK GERAK RITMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NI 1 RANDUBLATUNG BLORA, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni.2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Aktivitas Ritmik Materi Pokok Gerak Ritmik melalui penerapan Gaya Mengajar Resiprocal Pada Peserta didik Kelas VII A SMP Negeri 1 Randublatung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Randublatung yang berjumlah 33 Peserta didik yang terdiri dari 16 peserta didik putra dan 17 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan Gaya Mengajar Resiprocal pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Gerak Ritmik dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja dari studi awal, dari 33 peserta didik yang awalnya peserta didik mendapatkan ketuntasan 12 peserta didik 36,36 % dan belum tuntas 21 peserta didik 63,64%. Pada siklus I, hasil belajar Gerak Ritmik peserta didik mencapai 60,61% atau sebanyak 20 peserta didik dari 33 peserta didik telah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II, hasil belajar Gerak Ritmik peserta didik meningkat mencapai 90,91% atau sebanyak 30 peserta didik dari 33 peserta didik telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 3 peserta didik lainnya belum tuntas dengan KKM 2,67. Pada pelaksanaan Siklus I Hasil belajar Rangkaian Gerak Ritmik meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan Siklus II menyebabkan Hasil belajar Rangkaian Gerak Ritmik meningkat menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan gaya mengajar resiprocal dapat meningkatkan hasil belajar Aktivitas Ritmik Materi Pokok Gerak Ritmik pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Randublatung tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: hasil belajar, Gerak Ritmik, gaya mengajar resiprocal ABSTRACT Ardhia Febriyanti. K4612023. THE APPLICATION OF RECIPROCAL TEACHING STYLES TO IMPROVE LEARNING OUTPUT OF RHYTHMIC ACTIVITIES THE MATERIAL BASIC IN MOTION RHYTHMIC FOR THE VII A LEARNERS AT SMP N 1 RANDUBLATUNG BLORA SCHOOL YEAR 2015/2016, Thesis. Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University. Surakarta, Juli.2016. The goal of this research is to improve the learning output Of Rhythmic Activities The Material Basic in Motion Rhythmic for The VII A Learners at SMP Negeri 1 Randublatung School Year 2015/2016. This research is a classroom action research (CAR). The research was carried out in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The subject of this research was the VII A grade of SMP Negeri 1 Randublatung consisting of 33 learners with 16 males and 17 females. The sources of the data came from teacher and students. The techniques of collecting data were test, observation, and documentation or archives. The data validity technique used triangulation data. The technique of analyzing data used descriptive technique which is based on qualitative analysis with percentage. The result of this research showed that through the application of reciprocal teaching styles could improve the achievement of Motion Rhythmic from pre- cycle to cycle 1 and from cycle I to cycle II. From the analysis result, there was significant improvement from pre-cycle to cycle I and from cycle I to cycle II. This case looked from the result of performance test in the beginning study. At the beginning, from 33 students, 12 students (36,36 %) were passed and 21 students (63,64%) were not passed. On the cycle I, the ability of in Motion Rhythmic reached 60,61% or amount 20 learners from 33 students have been in pass of criteria examination. On cycle II, the ability of Motion Rhythmic, the learning result of the students increased and reached 90,91% or 30 students from 33 students have reached pass of criteria examination, while 3 students have not yet reached it with KKM ( minimum criteria of finished) 2,67. The learning output of structure in Motion Rhythmic increased although it was not optimal. The implementation of cycle II cause the learning output of structure in Motion Rhythmic was better and it raised the learning process was more active, effective, efficient, and exciting. So, it can support a quality learning process. The conclusion of this research is through the application of reciprocal teaching styles can improve the result of learning output Of Rhythmic Activities The Material Basic in Motion Rhythmic for The VII A learners at SMP Negeri 1 Randublatung School Year 2015/2016. keywords: the learning output, rhythmic motion, the application reciprocal teaching styles.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 06 Nov 2016 10:45
    Last Modified: 06 Nov 2016 10:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28352

    Actions (login required)

    View Item