PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GO TO YOUR POST TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL DALAM LINGKUP NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (Studi Eksperimen Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

NINGSIH, APRILIA (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GO TO YOUR POST TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL DALAM LINGKUP NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (Studi Eksperimen Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (609Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Aprilia Ningsih. K6412008. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GO TO YOUR POST TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL DALAM LINGKUP NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (Studi Eksperimen Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. September, 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran go to your post terhadap keaktifan siswa pada kompetensi dasar memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan ialah true experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi satu prediktor. Berdasarkan analisis data diperoleh besar nilai rxy= 0,578. Hasil tersebut dikonsultasikan pada nilai rtabel dengan N= 30 dan taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel 0,361. Hasil analisis menunjukkan bahwa rhitung (0,578) > rtabel (0,361), sehingga dapat ditarik kesimpulan ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran go to your post (X) terhadap keaktifan siswa pada kompetensi dasar memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia (Y) kelas X SMA Batik 2 Surakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Adapun sumbangan pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 33,4% artinya bahwa 33,4% keaktifan siswa dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran go to your post sedangkan 66,6% dipengaruhi oleh faktor lain baik faktor eksternal maupun faktor internal. Adapun persamaan garis regresi linier sederhana diperoleh persamaan = 19,81+1,38 X yang menggambarkan bahwa setiap kenaikan satu satuan variabel model pembelajaran go to your post (X) akan diikuti kenaikan variabel keaktifan siswa pada kompetensi dasar memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia (Y) sebesar kemiringan gradien garis regresi 1,38. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran go to your post terhadap keaktifan siswa pada kompetensi dasar memahami sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia kelas X SMA Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. Kata kunci: Model pembelajaran, go to your post, keaktifan siswa. ABSTRACT Aprilia Ningsih. K6412008. THE EFFECT OF GO TO YOUR POST LEARNING MODEL APPLICATION ON STUDENT ACTIVENESS IN BASIC COMPETENCY OF UNDERSTANDING NATIONAL LEGAL AND JUSTICE SYSTEM IN REPUBLIC OF INDONESIA STATE SCOPE (AN EXPERIMENTAL STUDY ON THE 10TH GRADERS IN SMA BATIK 2 SURAKARTA (BATIK SENIOR HIGH SCHOOL 2 OF SURAKARTA) IN THE SCHOOL YEAR OF 2015/2016). Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, Surakarta, September 2016. The aim of research was to find out whether or not there was an effect of Go To Your Post learning model application on student activeness in basic competency of understanding national legal and justice system in Republic of Indonesia state scope. This study was conducted using experimental quantitative method. The research design employed was true experimental design with posttest-only control design. The population of research was the 10th graders in SMA Batik 2 Surakarta. The sampling technique employed was cluster sampling one. The sample consisted of the 10th Natural Science 1 as experimental and 10th Natural Science 2 as control classes. Techniques of collecting data used in this study were questionnaire and documentation. Technique of analyzing data used was one-predictor regression test. Considering the data analysis, it could be found rxy value = 0.578. It was consulted with rtable = 0.361 with N=30 at significance level of 5%. The result of analysis showed that rcount (0.578) > rtable (0.361), so that it could be concluded that there was a positive effect of go to your post learning model application (X) on student activeness in basic competency of understanding national legal and justice system in Republic of Indonesia state scope (Y) in the 10th graders of SMA Batik 2 Surakarta in the school year of 2015/2016. The contribution of X to Y variables was 33.4% meaning that 33.4% of student activeness was affected by the application of go to your post learning model, while other 66.6% was affected by other factors, either external or internal. The simple linear regression equation obtained was Ŷ = 19.81 + 1.38 X representing that each one unit increase in go to your post learning model variable (X) would be followed by the increase in student activeness in basic competency of understanding national legal and justice system in Republic of Indonesia state scope (Y) with linear gradient of 1.38. The conclusion of research was that there was a positive effect of Go To Your Post learning model application on student activeness in basic competency of understanding national legal and justice system in Republic of Indonesia state scope in the 10th grade in SMA Batik 2 Surakarta. In the school year of 2015/2016. Keywords: Learning model, go to your post, student activeness

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Mujahid Zenul
    Date Deposited: 06 Nov 2016 10:41
    Last Modified: 06 Nov 2016 10:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28351

    Actions (login required)

    View Item