PERAN MOTIVASI UNTUK PEMASAR GUNA MENDUKUNG PENINGKATAN PENYALURAN KREDIT PADA PT. BPR ADIPURA SANTOSA

MUTIARA AMIN, DESY (2016) PERAN MOTIVASI UNTUK PEMASAR GUNA MENDUKUNG PENINGKATAN PENYALURAN KREDIT PADA PT. BPR ADIPURA SANTOSA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (536Kb)

    Abstract

    Dalam dunia perbankan pemasar merupakan salah satu aset yang sangat berharga bagi perusahaan, untuk itu perusahaan harus mampu meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan kinerja pemasar melalui penciptaan marketing yang handal sebagai ujung tombak ekspansi bank ke masyarakat dengan cara memberikan motivasi. Karena pemasar khusunya pemasar kredit memiliki tugas memperkenalkan dan memasarkan produk kredit, sehingga dengan adanya peran pemasar maka penyaluran kredit diharapkan akan meningkat. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui peran motivasi untuk marketing yang diterapkan pada PT. BPR Adipura Santosa. Penulisan ini menggunakan metode data kualitatif, yaitu data yang tidak dapat dihitung, dan merupakan data yang banyak digunakan dalam penelitian deskriptif yang berupa gambaran umum dari obsevasi. Jenis data dalam penulisan tugas akhir ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dengan melakukan wawancara pada narasumber, dan data sekunder yang diambil dari berbagai sumber data yang telah ada. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui magang kerja, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari tugas akhir ini adalah perusahaan memberikan motivasi kepada pemasarnya dalam bentuk gaji, insentif dan morning briefing. Proses motivasi yang diterapkan pemasar antara lain: profesionalisme, integritas, keteladanan, terpercaya dan pelayanan prima. Dampak positif pemberian motivasi untuk pemasar dapat dilihat dari jumlah penyaluran kredit yang disalurkan PT. BPR Adipura Santosa selama 4 tahun terakhir relatif mengalami peningkatan. Selain itu ada beberapa dampak positif lain dengan adanya pemberian motivasi yang baik dan berkelanjutan. Saran yang dapat diberikan oleh penulis antara lain mengadakan program pelatihan dalam menjual produk funding maupun lending kepada seluruh bagian karyawan, sebaiknya pemberian morning briefing pada PT. BPR Adipura Santosa tetap dilaksanakan dan dikembangkan, serta melakukan perekrutan SDM bagian marketing yang berkualitas dengan tujuan menambah jumlah karyawan pemasar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 06 Nov 2016 09:38
    Last Modified: 06 Nov 2016 09:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28343

    Actions (login required)

    View Item