STUDI KASUS TENTANG ORIENTASI SEKSUAL LESBIAN (Penelitian Kasus Terhadap Tiga Orang Lesbian di Organisasi Talita Kum Surakarta)

FITRIYATI, SUCIANA (2016) STUDI KASUS TENTANG ORIENTASI SEKSUAL LESBIAN (Penelitian Kasus Terhadap Tiga Orang Lesbian di Organisasi Talita Kum Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (709Kb)

    Abstract

    Suciana Fitriyati. STUDI KASUS TENTANG ORIENTASI SEKSUAL LESBIAN (Penelitian Kasus Terhadap Tiga Orang Lesbian di Organisasi Talita Kum Surakarta). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran orientasi seksual pada individu lesbian di organisasi Talita Kum Surakarta. Kedua, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi orientasi seksual pada individu lesbian di organisasi Talita Kum Surakarta. Ketiga, penelitian ini bertujuan untuk menemukan dampak yang dirasakan dari pilihan orientasi seksual pada individu lesbian di organisasi Talita Kum Surakarta. Keempat, penelitian ini bertujuan untuk menemukan alternatif bantuan layanan Bimbingan dan Konseling yang tepat agar dapat diberikan oleh konselor kepada seseorang yang memiliki orientasi seksual sebagai seorang lesbian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik sampling atau cuplikan menggunakan purposive sampling, terdiri dari tiga orang di organisasi Talita Kum Surakarta yang memiliki orientasi seksual lesbian. Teknik pengumpulan data ada empat, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik untuk menguji validitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik, waktu dan member check. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Talita Kum Surakarta merupakan organisasi yang didalamnya terdapat orang-orang yang memiliki orientasi seksual lesbian. Mereka sering mengadakan perkumpulan untuk berdiskusi mengenai isu-isu seksualitas dan saling bercerita mengenai kehidupan orientasi seksual mereka. Orientasi seksual lesbian dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor lingkungan dan pergaulan memiliki peranan penting yang dapat membuat seseorang pada akhirnya memilih menjadi seorang lesbian. Trauma pada masa kecil akibat sering melihat konflik orang tua juga dapat menimbulkan seseorang memilih untuk menjadi lesbian. Dampak yang dirasakan seseorang dari pilihan orientasi seksual menjadi seorang lesbian adalah kurang percaya diri saat bersosialisasi dengan orang lain, rasa bimbang antara benar atau salah dalam menjalani hubungan sesama jenis dan rasa takut ketahuan oleh orang lain. Alternatif bantuan yang dapat diberikan oleh konselor adalah menggunakan Konseling Perilaku Rasional Emotif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Q Science > QP Physiology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 06 Nov 2016 08:45
    Last Modified: 06 Nov 2016 08:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28331

    Actions (login required)

    View Item