PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (TARI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DENGAN MEDIA INTERNET PADA KELAS VIII G SMP NEGERI 4 KEBUMEN TAHUN 2014/2015

F., SRI RINING S.SN. (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (TARI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DENGAN MEDIA INTERNET PADA KELAS VIII G SMP NEGERI 4 KEBUMEN TAHUN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (37Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sri Rining Fatmalinggawati. S811308056. 2015. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari) Melalui Model Pembelajaran Berbasis Projek dengan Media Internet Pada Kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen Tahun 2014/2015. Tesis. Pembimbing I: Dr. Djono, M.Pd; Pembimbing II: Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Motivasi dan hasil belajar materi penyusunan karya tari kreasi Nusantara kompetensi dasar menyiapkan pementasan tari pasangan/kelompok Nusantara, aspek kreasi mata pelajaran Seni Budaya (Tari) kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen masih berada di bawah batas pencapaian kriteria minimal yang ditentukan sekolah. Materi penyusunan karya tari merupakan kegiatan pembelajaran yang paling kompleks di kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Seni Budaya (Tari) melalui penerapan model pembelajaran berbasis projek dengan media internet di kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen; (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Seni Budaya (Tari) melalui penerapan model pembelajaran berbasis projek dengan media internet di kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (action research) dengan dua siklus, di mana pada tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terbuka, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) motivasi belajar meningkat dari skor rata-rata kelas prasiklus 70,77 menjadi 76,56 pada siklus I dan 81,95 dengan skor minimal 76 di siklus II; (2) hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata kelas prasiklus 55,38 dengan persentase ketercapaian KKM 37,5% menjadi 72,08 dengan persentase ketercapaian KKM 53,13% pada siklus I dan menjadi 84,48 dengan ketercapaian KKM 100% pada siklus II. Disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis projek dengan media internet dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi penyusunan karya tari kreasi Nusantara di kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis projek, media internet, motivasi, hasil belajar, seni budaya tari.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Tities Amrihtasari
    Date Deposited: 06 Nov 2016 08:34
    Last Modified: 06 Nov 2016 08:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28328

    Actions (login required)

    View Item