Pengaruh Media Pembelajaran LCD Proyektor dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo

TANENDHA, ADIL (2016) Pengaruh Media Pembelajaran LCD Proyektor dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (178Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Adil Tanendha. K1512002. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LCD PROYEKTOR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 4 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran lcd proyektor dengan hasil belajar pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. 2) Untuk mengetahui pengaruh antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. 3) Untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran lcd proyektor dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. Sampel diambil sebanyak 71 siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket, tes dan dokumentasi. Angket dan tes sebelumnya diuji cobakan terhadap 34 siswa lalu diuji validitas Karl Pearson, dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha untuk angket, sedangkan untuk tes ditambah dengan uji kesukaran, dan uji daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang positif media pembelajaran lcd proyektor dengan hasil belajar pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo dengan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa data thitung > ttabel, 4,693 > 1,997 dan nilai signifikansi < 0,05, dengan sumbangan relatif 17,468% dan sumbangan efektif 3,84%. 2) Ada pengaruh yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo dengan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa data thitung > ttabel, 4,188 > 1,997 dan nilai signifikansi < 0,05, dengan sumbangan relatif 82,621% dan sumbangan efektif 18,17%. 3) Ada pengaruh yang positif antara media pembelajaran lcd proyektor dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 17,776 >3,15 dan nilai signifikansi < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,220, menunjukkan bahwa besarnya pengaruh media pembelajaran lcd proyektor dan minat belajar sebesar 22,0%. Kata kunci: Media Pembelajaran Lcd Proyektor, Minat Belajar, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 07 Nov 2016 15:28
    Last Modified: 07 Nov 2016 15:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28322

    Actions (login required)

    View Item