ANALISIS KARAKTERISTIK DAERAH, AKUNTABILITAS DAERAH, DAN KEUANGAN DAERAH DALAM MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA

Pratiwi, Arum (2016) ANALISIS KARAKTERISTIK DAERAH, AKUNTABILITAS DAERAH, DAN KEUANGAN DAERAH DALAM MEMPREDIKSI FINANCIAL DISTRESS PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (417Kb)

    Abstract

    Konsep mengenai otonomi daerah merupakan gagasan luar biasa yang pernah diambil oleh pemerintah Indonesia mengingat letak geografis Indonesia yang sangatlah luas. Dengan adanya konsep tersebut, fungsi pemerintahan tidak hanya terfokus pada pemerintah pusat saja karena pemerintah daerah Kabupaten/Kota juga diberi kewenangan untuk mengurus rumah tangganya sendiri sehingga diharapkan pemenuhan kebutuhan publik setiap masyarakat daerah dapat terpenuhi. Namun demikian, kenyataannya adalah banyak Kabupaten/Kota yang melakukan pemborosan sehingga daerah terancam mengalami Financial Distress karena tidak mampu memberikan pelayanan publik secara maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Financial Distress yang dialami oleh Kabupaten/Kota dan menganalis faktor-faktor apa saja yang menyebabkan suatu daerah dalam mengalami Financial Distress. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 113 Kabupaten/Kota di Indonesia dan pengujian dilakukan dengan analisis regresi berganda. Faktor-faktor yang dianalisis antara lain jumlah populasi penduduk, umur daerah, akuntabilitas daerah, proporsi belanja pegawai, dan kemandirian keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya proporsi belanja pegawai saja yang memiliki pengaruh terhadap kemungkinan suatu daerah mengalami Financial Distress. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pemerintah daerah Kabupaten/Kota untuk lebih memperhatikan kondisi keuangannya dan juga lebih bijaksana dalam mengelola keuangannya.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 06 Nov 2016 07:42
    Last Modified: 06 Nov 2016 07:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28319

    Actions (login required)

    View Item