UJI PRAKTEK KEJURUAN ( UPK ) PADA KELAS XII JURUSAN SENI LUKIS SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KINASIH, DEWI SEKAR (2016) UJI PRAKTEK KEJURUAN ( UPK ) PADA KELAS XII JURUSAN SENI LUKIS SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (161Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dewisekarkinasih.UJI PRAKTEK KEJURUAN ( UPK ) PADA KELAS XII JURUSAN SENI LUKIS SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Persiapan uji praktek kejuruan pada jurusan seni lukis, (2) Proses pelaksanaan uji praktek kejuruan seni lukis, dan (3) hasil uji praktek kejuruan seni lukis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah informan yang dipilih yaitu bapak Supono,S.Pdselaku ketuajurusansenilukis,dokumentasi, hasil karyalukis, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan informant review. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persiapan uji praktek kejuruan seni lukis yang dilakukan oleh sekolah, jurusan dan siswa, (2) Proses uji praktek kejuruan seni luki sadalah sketsa awal pada kanvas, pewaranan dengan cat, fhinising dengan pembigkaian karya dan hasil karya dipamerkan. Ujian dilakukan selama 3 hari dengan waktu 8 jam per hari. (3) Hasil karya uji praktek kejuruan seni lukis mengahasilkan karya lukis dengan aliran dekoratif, realis, dan modern, (3) Keteknikan karya menggunakan cat minyak diatas kanvas, dan acrylic Kata kunci:uji, praktek, lukis. ABSTRACT Dewi Sekar Kinasih. PRACTICAL TEST OF XII GRADERS IN PAINTING CLASS OF SMK NEGERI 9 SURAKARTA IN ACADEMIC YEAR 2015/2016. Thesis. Faculty of Education. University of Sebelas Maret. June 2016. This research aims to understand: (1) a preparation of practical test in painting class, (2) a process of practical test in painting class, (3) the result of practical test in painting class. This research used qualitative approach. The data sources in this research were Supono, S,Pd as the head of painting class, documentations, painting works, archives, and documents. Technique of data collection in this research used direct observation, deep interview and documentation. This research used purposive sampling technique. The validation of the data was based on data triangulation and informant review. Technique of data analysis in this research was flowing analysis mode. The research shows: (1) The preparation of practical test in painting class conducted by school, class and students (2) The early processes of prctical test were sketching on canvas, coloring with paint, finishing the painting work with framing and showing the finished painting. The test was held in 8 eight hours a day for three days. (3) The practical test results were decorative, realist and modern painting, (4) Each of the paintings was done using oil paint, canvas and acrylic paint. Key words: test, practice, painting

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    N Fine Arts > ND Painting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 06 Nov 2016 05:15
    Last Modified: 06 Nov 2016 05:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28313

    Actions (login required)

    View Item